PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI GERAK HARMONIK SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA KELAS X

  • HESY OCTAVIANDARI
  • IMAM SUCAHYO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran materi gerak harmonik sederhana untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik. Kelayakan ini ditinjau dari aspek validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE dengan tahapan Analysis (Analisis), Design (Rancangan), Development (Realisasi), Implementation (Implementasi), dan Evaluation (Evaluasi). Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini meliputi metode validasi, observasi, dan tes pengetahuan. Media pembelajaran yang dikembangkan diujicobakan kepada peserta didik kelas X di SMA Negeri 12 Surabaya di kelas X IPA 6 sebagai kelas kontrol menggunakan media pembelajaran konvensional dan kelas X IPA 7 sebagai kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran: 1) Dinyatakan valid ditinjau dari hasil validasi tiga validator untuk validitas media pembelajaran sebesar 92,87% dengan kategori sangat valid ; 2) Dinyatakan praktis ditinjau dari hasil keterlaksanaan pembelajaran pada kelas X IPA 6 dan X IPA 7 sebesar 94,51% dan 94,12% dengan kategori sangat praktis serta mendapat respons lebih tinggi di kelas X IPA 7 daripada kelas X IPA 6; 3) Dinyatakan efektif ditinjau dari peningkatan hasil pengetahuan saat pre-test dan post-test serta keterampilan proses sains peserta didik yang ditunjukkan oleh indeks n-gain sebesar 0,78 pada kelas X IPA 6 dan sebesar 1,00 di kelas X IPA 7. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran gerak harmonik sederhana telah layak digunakan dan dapat meningkatkan keterampilan proses sains.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Gerak Harmonik Sederhana, Keterampilan Proses Sains.
Published
2020-05-26
Section
Articles
Abstract Views: 146
PDF Downloads: 101