Pengembangan Pipa Organa Menggunakan Aplikasi Physics Toolbox Suite untuk Menentukan Cepat Rambat Bunyi di Udara sebagai Media Pembelajaran pada Materi Gelombang Bunyi

  • Lucky Dessitasari Universitas Negeri Surabaya
  • Imam Sucahyo Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Abstrak

                Kegiatan eksperimen dapat membantu siswa dalam memahami konsep-konsep yang terkait dengan pembelajaran. Berdasarkan fakta yang terdapat di SMA Muhammadiyah 4 Surabaya, khususnya pada pembelajaran fisika bab gelombang bunyi, kegiatan eksperimen belum pernah dilakukan. Tujuan utama dari pengembangan ini yaitu terciptanya KIT percobaan pipa organa yang layak ditinjau dari akurasi dan presisi cepat rambat bunyi yang diperoleh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode pengembangan ADDIE. Pada tahap analisis, melakukan analisis permasalahan siswa pada materi gelombang bunyi melalui kegiatan pra-penelitian, kemudian tahap desain yaitu membuat rancangan pipa organa yang akan dikembangkan, selanjutnya  tahap pengembangan yaitu membuat alat yang telah didesain, tahap selanjutnya yaitu implementasi, dengan melakukan uji coba eksperimen dari alat yang dikembangkan, kemudian tahap evaluasi yaitu melakukan pengecekan kelayakan dari alat yang dikembangkan. Teknik analisis data yang digunakan dalam pengembangan ini yaitu teknik analisis statistik deskriptif. Alat yang dikembangkan memiliki tingkat kevalidan rata-rata 87,5% dengan kategori sangat layak. Pada pipa organa terbuka diperoleh nilai cepat rambat bunyi di udara sebesar (322,6±5,376) m/s dengan presisi sebesar 98,4% dan akurasi sebesar 94,89%. Sedangkan pada pipa organa tertutup, nilai cepat rambat bunyi di udara yang diperoleh sebesar (335,4±8,133) m/s dengan presisi 97,6% dan akurasi sebesar 98,65%. Dari hasil tersebut, alat eksperimen yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran.

 

Kata kunci: cepat rambat, pipa organa, akurasi, presisi

 

Abstract

                Experiment activities could help the student in understanding lesson related concepts. Based on fact that there is no experiment activity especially for physics in sound wave matter in SMA Muhamadiyah 4 Surabaya, the main aim of this research is to develop proper organ pipe experiment kit reviewed by its accuracy and precision of propagation speed of sound. ADDIE development Method used in this research. In the Analysis step, students problems in sound wave matter analyzed in pre-research activity, then in the development step designed instrument produced. In the next step, implementation, the developed instrument tested. Then, in the Evaluation step, the developed instrument appropriateness examined. The analysis technique in the research is a descriptive statistical analysis technique. The developed instrument has 87,5% average validity value, categorized very proper. Open organ pipe obtains propagation speed of sound in air (322,6)m/s with 94,89% precision and 94,89% accuracy. While closed organ pipe obtains (335,4)m/s propagation speed of sound in air with 97,6% precision and 98,65% accuracy. Based on the result, the developed experiment kit proper to be used as learning media.

 

Keywords: speed propagation, organ pipe, accuracy, precision.

Published
2020-11-21
Section
Media Pembelajaran Fisika
Abstract Views: 1057
PDF Downloads: 2437