Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Mobile Learning Dan Pendekatan Inkuiri Pada Materi Gelombang Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa

Authors

  • Dani Dwi Aisyah Universitas Negeri Surabaya
  • Imam Sucahyo Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/ipf.v11n3.p23-31

Abstract

Pandemi covid-19 memberikan pengalaman belajar daring dimana pemahaman konsep yang harus dimiliki oleh siswa terhadap materi yang diajarkan. Hasil dari penelitihan Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Mobile Learning Dan Pendekatan Inkuiri Pada Materi Gelombang Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Siswa yang telah dikembangkan berdasarkan validitas, kepraktisan dan peningkatan konsep. Metode penelitihan yang digunakan adalah 4D, yaitu tahap Define, Design, Development, dan Disseminate. Penelitihan dengan uji terbatas dilakukan hingga tahap development. Hasil validitas e-book yang dikembangkan kelayakan penyajian, isi, dan bahasa mendapat mendapatkan hasil 94,11% mendapat  katagori sangat valid. Hasil kepraktisan respon siswa mendapatkan hasil 91,33% mendapat katagori sangat baik. Hasil peningkatan pemahaman konsep mendapatkan hasil n-gain 0,82 mendapat katagori high, adanya perubahan kognitif siswa saat memecahkan masalah  dalam penyelesaian soal. Hasil penelitihan ini menunjukkan adanya pengaruh e-book dalam peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi gelombang.

 

Kataikunci: E-book, mobile learning, pendekatan inkuiri, gelombang, pemahaman konsep

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-07-21

Issue

Section

Media Pembelajaran Fisika
Abstract views: 374 , PDF Downloads: 461