Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Mobile Learning Dan Pendekatan Inkuiri Pada Materi Gelombang Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa
DOI:
https://doi.org/10.26740/ipf.v11n3.p23-31Abstract
Pandemi covid-19 memberikan pengalaman belajar daring dimana pemahaman konsep yang harus dimiliki oleh siswa terhadap materi yang diajarkan. Hasil dari penelitihan Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Mobile Learning Dan Pendekatan Inkuiri Pada Materi Gelombang Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Siswa yang telah dikembangkan berdasarkan validitas, kepraktisan dan peningkatan konsep. Metode penelitihan yang digunakan adalah 4D, yaitu tahap Define, Design, Development, dan Disseminate. Penelitihan dengan uji terbatas dilakukan hingga tahap development. Hasil validitas e-book yang dikembangkan kelayakan penyajian, isi, dan bahasa mendapat mendapatkan hasil 94,11% mendapat katagori sangat valid. Hasil kepraktisan respon siswa mendapatkan hasil 91,33% mendapat katagori sangat baik. Hasil peningkatan pemahaman konsep mendapatkan hasil n-gain 0,82 mendapat katagori high, adanya perubahan kognitif siswa saat memecahkan masalah dalam penyelesaian soal. Hasil penelitihan ini menunjukkan adanya pengaruh e-book dalam peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi gelombang.
Kataikunci: E-book, mobile learning, pendekatan inkuiri, gelombang, pemahaman konsep