PENGEMBANGAN MEDIA HUKUM MELDE BERBASIS APLIKASI PHYSICS TOOLBOX SENSOR SUITE PADA MATERI GELOMBANG STASIONER

Authors

  • FATAKH LAKSONO PRABOWO
  • IMAM SUCAHYO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan media hukum Melde dan Mendeskripsikan respon peserta didik pada penggunaan dan kelayakan media yang telah dikembangkan pada materi gelombang stasioner. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Develop, Implementation, and Evaluation). Tahap Analysis yaitu menganalisis kebutuhan peserta didik dan kompetensi dasar yang cocok pada materi gelombang stasioner. Tahap Design yaitu merancang gambar media hukum Melde yang dikembangkan. Tahap Develop yaitu mengembangkan media Hukum Melde yaitu aplikasi physics toolbox sensor suite sebagai pengganti audio frequency generator (AFG). Tahap Implementation merupakan tahap dimana media tersebut diaplikasikan ke sekolah yaitu Madrasah Aliyah Negeri 4 Ngawi dengan peserta didik kelas XI MIPA 1 sebanyak 25 peserta. Tahap Evaluation yaitu pemberian soal pre test dan post test serta angket respon peserta didik. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kevalidan media hukum Melde sebesar 85.79% dengan kategori sangat valid dan layak digunakan dalam proses pembelajaran fisika materi gelombang stasioner. Hasil belajar peserta didik sebesar 83.47 yang berarti media yang dikembangkan efektif dalam proses pembelajaran. Hasil respon peserta didik sebesar 84.19%. sehingga dapat disimpulkan bahwa media hukum Melde yang dikembangkan peneliti telah layak digunakan dalam proses pembelajaran fisika.

Kata Kunci : media pembelajaran, gelombang stasioner, hukum Melde, aplikasi physisc toolbox sensor suite





Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

09-07-2018

How to Cite

LAKSONO PRABOWO, F., & SUCAHYO, I. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA HUKUM MELDE BERBASIS APLIKASI PHYSICS TOOLBOX SENSOR SUITE PADA MATERI GELOMBANG STASIONER. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 7(2). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/23940

Issue

Section

Articles
Abstract views: 1361 , PDF Downloads: 6999

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>