PENGEMBANGAN MOBILE POCKET BOOK FISIKA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS

  • ALIFUDIN KHUMAIDI
  • IMAM SUCAHYO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan dari mobile pocket book Fisika sebagai media pembelajaran berbasis Android pada materi Momentum dan Impuls yang digunakan sebagai media pembelajaran di MAN 1 Pasuruan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kevalidan mobile pocket book Fisika sebagai media pembelajaran yang dikembangkan mendapat rata-rata persentase 92,59 % dengan kriteria “sangat valid”. (2) Hasil penilaian keterlaksanaan penggunaan media selama proses pembelajaran berlangsung yang dinilai oleh pengamat melalui lembar keterlaksanaan mendapat rata-rata persentase sebesar 94,44 %. Hasil ini menunjukkan bahwa media mobile pocket book pada materi Momentum dan Impuls yang dikembangkan praktis digunakan sebagai media pembelajaran Fisika. (3) Ketuntasan hasil belajar peserta didik secara klasikal setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media mobile pocket book Fisika mencapai 83,33 % dan hasil respon peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media mobile pocket book mendapat rata-rata persentase sebesar 97,33 %. Hal ini menunjukkan respon peserta didik yang sangat positif terhadap mobile pocket book Fisika sehingga hasil tersebut menunjukkan bahwa media yang dikembangkan efektif digunakan sebagai media pembelajaran Fisika. Berdasarkan uraian hasil di atas, maka dapat disimpulkan bahwa secara umum media mobile pocket book Fisika yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran Fisika pada materi Momentum dan Impuls.

Kata Kunci : Mobile pocket book, Media Pembelajaran, Android, Momentum dan Impuls.

Published
2018-07-05
Section
Articles
Abstract Views: 311
PDF Downloads: 552