Efektivitas Penggunaan Media E-Book Berbasis Sets Topik Jalur Sluis Surabaya Dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Materi Fluida Statis
DOI:
https://doi.org/10.26740/ipf.v14n2.p177-183Keywords:
Keefektifan, e-book, Fluida Statis, Kemampuan Berpikir KritisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat efektivitas e-book berbasis Science, Environment, Technology, and Society (SETS) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi Fisika Fluida Statis. Penelitian dengan jenis penelitian pengembangan Research and Development (R&D) menggunakan desain pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluate). Pada tahap Implementasi ini menggunakan penelitian pra-eksperimental. desain pretest-posttest satu kelompok. Pengumpulan data menggunakan purposive sampling di salah satu Sekolah Menegah Atas Negeri di Kota Surabaya kelas XI sebanyak 37 peserta didik sebagai sampel data. efektivitas e-book berbasis SETS memperoleh skor 94,59 % masuk dalam kategori efektif. E-book berbasis berbasis pada materi fluida statistic dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik dengan peningkatan N-gain <g> kategori rendah sejumlah 2 siswa, kategori sedang sejumlah 23 siswa, dan kategori tinggi sejumlah 12 siswa.
Downloads
References
Amanda, S., Muharrami, L. K., Rosidi, I., & Ahied, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah yang Berbasis SETS. Journal of Natural Science Education Research, 1(1), 57–64.
Anwar, M., Alimin, & Munawwarah. (2023). The Validity and Practicality of the SETS-Based (Science, Environment, Technology, and Society) Interactive E-Book of Thermochemistry. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 7(1), 29–35. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jpk.v7i1
Ariawan, R., & Zetriuslita. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa ditinjau dari Gaya Kognitif (Studi Kasus pada Mata Kuliah Persamaan Differensial). Urnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1410–1426.
Firdaus, F. Z., Suryanti, S., & Azizah, U. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendekatan SETS Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3), 681–689. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.417
Intishar, S., Diah Pamelasari, S., & Ristono. (2024). Penerapan Problem Based Learning Berbasis SETS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas VIII Mata Pelajaran IPA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Penelitian Tindakan Kelas, 1433–1442.
Mayasari, A., Asrizal, A., & Usmeldi, U. (2023). Effect Size Pengaruh Pembelajaran Berbasis SETS Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1), 67–76. https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.301
Muhammad Ali Imron, Diva Apri Mulya, Egi Agustandi, & Shobrina Fitri. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 17215–17221.
Munawwarah, M., Anwar, S., & Sunarya, Y. (2017). How to Develop Electrochemistry SETS-Based Interactive E-Book? Journal of Physics: Conference Series, 895(1), 012112. https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012112
Nurbiah, Ahmad Syafi’i, & Fahril. (2023). Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Alef Education dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Tema Himpunan di MTs As’adiyah Uloe. Educandum, 9(1), 126–134.
Safitri, M., & Ridwan Aziz, M. (2022). ADDIE, Sebuah Model untuk Pengembangan Multimedia Learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 50–58. http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd
Sukarelawa, M. I., Kus Indratno, T., & Musvita Ayu, S. (2024). N-Gain vs Stacking. Suryacahya.
Sylviana, M., Kusuma, M., & Widiyanto, B. (2019). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dengan Implementasi Model Pembelajaran SETS Berbasis Probing-Prompting. PSEJ: Pancasakti Science Education Journal, 4(2), 137–142. https://doi.org/10.24905/psej.v4i2.1437
Wahab, A., Junaedi, J., & Azhar, Muh. (2021). Efektivitas Pembelajaran Statistika Pendidikan Menggunakan Uji Peningkatan N-Gain di PGMI. Jurnal Basicedu, 5(2), 1039–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.845
Wijaya, W. S., Feronika, T., & Fairusi, D. (2018). Penerapan Problem Based Learning Berpendekatan SETS terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. JTK: Jurnal Tadris Kimiya, 3(1), 94–103. https://doi.org/10.15575/jtk.v3i1.2338
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Izzul Haq, Imam Sucahyo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/
Abstract views: 85
,
PDF Downloads: 27



