PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN HUKUM LENZ PADA MATERI INDUKSI ELEKTROMAGNETIK DI MBI AMANATUL UMMAH

  • ERLINA NURLAILI MAGHFIROH
  • IMAM SUCAHYO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran hukum Lenz pada materi induksi elektromagnetik. Penelitian inioimerupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model penelitian ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tingkat kevalidan media pembelajaran hukum Lenz yang dikembangkan memiliki rata-rata persentase sebesar 87,1% dengan kategori “sangat valid”. (2) Ketuntasan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan media pembelajaran hukum Lenz yang dikembangkan secara klasikal memiliki rata-rata persentase sebesar 80,0%. Hasil ini menunjukkan bahwa media pembelajaran hukum Lenz yang dikembangkan efektif digunakan dalam pembelajaran Fisika. (3) Hasil penilaian keterlaksanaan penggunaan media selama proses pembelajaran berlangsung yang dinilai oleh pengamat melalui lembar keterlaksanaan pembelajaran memiliki rata-rata persentase sebesar 100%. Sedangkan untuk respons siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan media pembelajaran hukum Lenz yang dikembangkan memiliki rata-rata persentase sebesar 98,5%. Hal tersebut menunjukkan respon yang sangat positif dari siswa. Hasil ini menunjukkan bahwa media pembelajaran hukum Lenz yang dikembangkan praktis digunakan unruk pembelajaran Fisika. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa secara umum media pembelajaran hukum Lenz yang dikembangakan telah layak digunakan untuk pembelajaran Fisika pada materi induksi elektromagnetik.

Kata Kunci : Media pembelajaran, hukum Lenz, induksi elektromagnetik.

Abstract

This research aims to describe the advisability of lenz’s law learning media on the topic of electromagnetic induction. This is a development research using ADDIE research model. The result shows that (1) the validity of lenz’s law learning media that has been developed as a learning media has an average percentage of 87,1% with “very valid” criteria. (2) The completeness of student learning after following the learning process using lenz’s law learning media result clasically reached 80,0%. This result indicates that lenz’s law learning media that has been developed is effective as a physics learning media. (3) The result of using media that used for the learning process conducted by observer through the implementation sheet get a percentage of average 100,0%. And the results of the response of participants after following the learning process by using lenz’s law learning media that has been developed get a percentage of average 98,5%. This shows that student’s response is very positive. This result indicates that lenz’s law learning media that has been developed is practical as a Physics learning media. Thus it can be concluded that the lenz’s law learning media that has been developed is decent to be used as Physics learning media to the topic of elektromagnetic induction.

Key Words: Learning media, lenz’s law, elektromagnetic induction.





Published
2018-07-04
Section
Articles
Abstract Views: 415
PDF Downloads: 585