PENGEMBANGAN KIT TABUNG RESONANSI BERBANTUAN APLIKASI PHYSICS TOOLBOX SENSOR SUITE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GELOMBANG BUNYI

  • MUHAMMAD IQBAL SYAUQI
  • IMAM SUCAHYO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan media pembelajaran berupa KIT percobaan tabung resonansi dengan berbantuan aplikasi Physics Toolbox Sensor Suite pada materi gelombang bunyi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan yang menggunakan model penelitian ADDIE. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa (1) tingkat kevalidan media pembelajaran berupa KIT percobaan tabung resonansi tersebut memiliki rata-rata persentase sebesar 92,31 % dengan kategori “sangat valid”. Sedangkan, (2) hasil belajar peserta didik secara klasikal setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran KIT tabung resonansi tersebut mencapai 69,57 % dan hasil respon yang diberikan oleh peserta didik terkait dengan penggunaan media pembelajaran berupa KIT percobaan tabung resonansi tersebut dalam pembelajaran memperoleh persentase rata-rata sebesar 85,65 %. Berdasarkan hasil belajar peserta didik secara klasikal dan respon yang diberikan peserta didik tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran berupa KIT percobaan tabung resonansi ini memenuhi keefektifan sebagai media pembelajaran dalam Fisika.. Kemudian, (3) hasil penilaian dari keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan KIT percobaan tabung resonansi tersebut yang dinilai oleh pengamat melalui lembar keterlaksanaan memperoleh persentase rata-rata sebesar 93,95 %. Hasil tersebut menunjukkan bahwa KIT tabung resonansi yang dikembangkan untuk materi gelombang bunyi ini praktis digunakan sebagai media pembelajaran FisikaDengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa KIT percobaan tabung resonansi yang dikembangkan ini telah layak digunakan sebagai media pembelajaran Fisika pada materi gelombang bunyi.

Kata Kunci : media pembelajaran, KIT percobaan tabung resonansi, gelombang bunyi, aplikasi Physic Toolbox Sensor Suite


Published
2018-07-19
Section
Articles
Abstract Views: 206
PDF Downloads: 120