Rancang Bangun Alat Peraga Force Table Sederhana untuk Penjumlahan Gaya dalam Menunjang Pembelajaran Fisika pada Materi Penjumlahan Vektor

  • RAHAYUNINGTYAS
  • IMAM SUCAHYO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan alat peraga force table sederhana. Kelayakan alat peraga force table sederhana dapat dinyatakan layak dapat dinilai dari nilai validitas, kepraktisan, dan keefektifitas alat peraga force table sederhana. Prosedur penelitian ini menggunakan sebagian metode 4D yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan (1974) yang meliputi Define (Pendefinisian) dan Design (Perencanaan). Sumber data dari penelitian ini diperoleh dari validator dan peserta didik kelas X SMA Al-Azhar Menganti Gresik sebanyak 25 peserta didik. Berdasarkan analisis data yang diperoleh, nilai validitas alat peraga force table sederhana pada materi penjumlahan vektor mendapatkan nilai validitas konseptual yaitu 88% dari tiga validator yang termasuk dalam kategori sangat baik/sangat layak untuk digunakan. Hasil angket respon peserta didik yaitu 86% yang termasuk dalam kategori sangat positif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa alat peraga force table sederhana yang dikembangkan memenuhi syarat kelayakansecara konseptual untuk menunjang pembelajaran fisika pada materi penjumlahan vektor.

Kata kunci : Alat Peraga, Force Table, Validitas, Respon Siswa
Published
2019-08-01
Section
Articles
Abstract Views: 90
PDF Downloads: 104