PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN METODE MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR
Abstract
AbstrakDalam proses pembelajaran, karakter rasa ingin tahu sangatlah berperan penting. Karakter rasa ingin tahu mampu memotivasi peserta didik untuk mempelajari sesuatu secara mendalam dengan menarik. Salah satu kegiatan yang mampu membuat pembelajaran menarik ialah dengan membuat mind map. Mind map yang dibuat dengan aplikasi mampu membuat peserta didik memahami konsep fisika. Selain itu diperlukan pula model pembelajaran dalam menunjang penguasaan konsep peserta didik. Salah satu pembelajaran yang efektif ialah pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode mind map. Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu mendiskripsikan hasil belajar peserta didik setelah kepada peserta didik itu diterapkan pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan metode mind map pada materi Hukum Newton Tentang Gerak. Jenis penelitian ini ialah pre-experimental design. Rancangan penelitian ini menggunakan one group pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data menggunakan validasi, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data yaitu analisis hasil pre-test dan post-test, dan analisis keterampilan mind map. Hasil menunjukkan bahwa hasil belajar pada kedua kelas sampel mengalami peningkatan yang signifikan. Nilai n-gain pada kedua kelas mendapatkan intrepetasi sedang dengan skor 0,61 di kelas eksperimen 1 dan skor 0,63 di kelas replikasi 1.
Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Mind Map, Hasil Belajar
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

