PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN METODE MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR

Authors

  • PRATIWI HIDAYATUL FITRI
  • IMAM SUCAHYO

Abstract

Abstrak

Dalam proses pembelajaran, karakter rasa ingin tahu sangatlah berperan penting. Karakter rasa ingin tahu mampu memotivasi peserta didik untuk mempelajari sesuatu secara mendalam dengan menarik. Salah satu kegiatan yang mampu membuat pembelajaran menarik ialah dengan membuat mind map. Mind map yang dibuat dengan aplikasi mampu membuat peserta didik memahami konsep fisika. Selain itu diperlukan pula model pembelajaran dalam menunjang penguasaan konsep peserta didik. Salah satu pembelajaran yang efektif ialah pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode mind map. Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu mendiskripsikan hasil belajar peserta didik setelah kepada peserta didik itu diterapkan pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan metode mind map pada materi Hukum Newton Tentang Gerak. Jenis penelitian ini ialah pre-experimental design. Rancangan penelitian ini menggunakan one group pre-test post-test design. Teknik pengumpulan data menggunakan validasi, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data yaitu analisis hasil pre-test dan post-test, dan analisis keterampilan mind map. Hasil menunjukkan bahwa hasil belajar pada kedua kelas sampel mengalami peningkatan yang signifikan. Nilai n-gain pada kedua kelas mendapatkan intrepetasi sedang dengan skor 0,61 di kelas eksperimen 1 dan skor 0,63 di kelas replikasi 1.

Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Mind Map, Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

09-07-2019

How to Cite

HIDAYATUL FITRI, P., & SUCAHYO, I. (2019). PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING MENGGUNAKAN METODE MIND MAP TERHADAP HASIL BELAJAR. IPF: Inovasi Pendidikan Fisika, 8(3). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/28979

Issue

Section

Articles
Abstract views: 85 , PDF Downloads: 81

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>