EFEKTIFITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X SMA

  • NUNIK KUNTHI MUFLIKAH
  • IMAM SUCAHYO

Abstract

Model guided discovery adalah salah satu pembelajaran yang memudahkan siswa untuk melakukan penemuan yang dibimbing. Hasil observasi yang dilakukan di SMAN 1 Waru menemukan bahwa 70% dari siswa kurang tertarik dengan materi usaha dan energi serta kesulitan untuk memahami konsep-konsep Fisika. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini menerapkan model penemuan terbimbing untuk mendeskripsikan efektifitas model guided discovery terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan efektifitas peningkatan hasil pembelajaran model guided discovery pada materi usaha dan energi. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pra-eksperimental menggunakan one group pre test - post test design, dengan satu kelas eksperimen dan dua kelas replikasi. Metode pengambilan data yang digunakan adalah tes (pretest dan posttest). Data yang diperoleh dari hasil pretest dan posttest dianalisis oleh uji normalitas, uji homogenitas, uji t berpasangan, uji Gain, dan uji hipotesis ANAVA. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu hasil analisis uji Gain pada hasil belajar siswa untuk kelas eksperimen meningkat dengan kategori tinggi sebesar 0,71 sedangkan kelas replikasi 1 dan replikasi 2 meningkat dengan kategori sedang dengan masing-masing nilai sebesar 0,69 dan 0,49. Peningkatan yang terjadi menunjukkan hasil yang konsisten dengan kategori signifikan di tiga kelas subjek penelitian. Berdasarkan penjelasan diatas, proses pembelajaran yang dilaksanakan dengan menggunakan model guided discovery mampu efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata kunci: guided discovery, hasil belajar, usaha dan energi.

Published
2019-07-05
Section
Articles
Abstract Views: 48
PDF Downloads: 74