PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
Abstract
Abstrak
Metode pengajaran dalam kelas kini telah mengalami perubahan. Perubahan tersebut yaitu dengan melibatkan peserta didik secara aktif di setiap proses pembelajaran. Model pembelajaran yang melibatkan peserta didik yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Model tersebut lebih memprioritaskan kepada aktivitas mencari, mengolah, dan melaporkan informasi. Oleh karena itu, dilakukan ujicoba dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada materi Usaha dan Energi. Dengan tujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar peserta didik dengan diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah one group pretest-posttest design yang divariasi dengan menggunakan tiga kelas yaitu kelas eksperimen, kelas replikasi 1, dan kelas replikasi 2. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes hasil belajar peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t-berpasangan dan analisis n-gain. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa pembelajaran fisika dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik secara signifikan dengan rata-rata n-gain berkategori sedang.
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC BY-NC 4.0).
Authors retain the copyright and full publishing rights of their articles without restriction. By submitting and publishing in this journal, the author grants the journal the non-exclusive right to publish and distribute the article, provided that proper attribution is given and the use is non-commercial.
To view a copy of this license, visit https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

