PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID PADA MATERI ALAT OPTIK

  • LAILY RISKA DEWI
  • MITA ANGGARYANI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan yang ditinjau dari validitas dan efektifitas pada pembuatan media pembelajaran fisika dengan Augmented Reality berbasis Android pada materi alat optik. Tahapan pada penelitian ini menggunakan metode ADDIE, karena termasuk penelitian pengembangan. Tahapan ADDIE antara lain, analysis (menganalisis), design (merancang), development (mengembangkan), implementation (menerapkan), dan evaluation (mengevaluasi). Hasil penelitian pembuatan media pembelajaran fisika dengan Augmented Reality berbasis Android pada materi alat optik adalah layak untuk diterapkan ketika proses pembelajaran yang ditinjau dari kevalidan, dan keefektifan media tersebut. Nilai validasi media didapatkan dari dosen validator media dan perangkat pembelajaran serta alumni yang pernah melakukan penelitian tentang Augmented Reality. Nilai keefektifan media didapatkan dari respon siswa atau responden ketika menggunakan media dan tes pemahaman setelah mendapatkan materi alat optik dengan media Augmented Reality. Hasil validasi media pembelajaran memperoleh nilai persentase 95,5% dengan kriteria sangat valid. Sedangkan hasil yang diperoleh pada pengisian angket respon siswa persentasenya adalah 98,5% dengan kriteria sangat baik dan hasil persentase pada tes pemahaman diperoleh 64% dengan kriteria baik. Pengambilan data penelitian ini dilakukan secara online dengan jumlah responden 25.

Kata Kunci: Media pembelajaran, Augmented Reality, Android, Alat Optik.

Abstract

This study aims to describe the feasibility in terms of the validity and effectiveness of making physics learning media with Android-based Augmented Reality on optical devices. The stages in this research used was ADDIE method, because this is include development research. The stages of this research are analysis, design, development, implementation, and evaluation. The results of making physics learning media with Android-based Augmented Reality on the optical devices are feasible to use in terms of the validity and effectiveness of the media. The value of media validation is obtained from media validator lecturers and learning devices as well as alumni who have researched Augmented Reality. The value of the effectiveness of the media is obtained from the response of students or respondents when using media and understanding tests after getting optical devices with Augmented Reality media. The validation results get a percentage value 95,5% with very valid criteria. While the results of the students response to questionnaire obtained percentage value is 98.5% with very good criteria and the results of understanding tests obtained a percentage value of 64% with good criteria. Data collection in this research was conducted online with 25 respondents.

Keywords: Learning Media, Augmented Reality, Android, Optical Devices.


Published
2020-07-03
Section
Articles
Abstract Views: 375
PDF Downloads: 1504