Pengembangan Perangkat Pembelajaran yang Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa untuk Materi Listrik Dinamis pada Kelas X SMAN I Wonoayu
Abstract
Telah dilakukan penelitian tentang pengembangan perangkat pembelajaran yang melatih keterampilan berpikir kritis siswa untuk materi listrik dinamis, dengan tujuan untuk mendeskripsikan perangkat pembelajaran yang dapat melatih keterampilan berpikir kritis siswa, mengetahui hasil belajar siswa, dan mendeskripsikan respon siswa setelah diterapkannya perangkat pembelajaran tersebut. Rancangan penelitian mengacu pada model 4-D (four D models), tetapi pada tahap penyebaran tidak dilakukan. Hasil pengembangan perangkat pembelajaran berupa silabus, RPP, dan LKS menekankan siswa berpikir kritis sesuai dengan poin berpikir kritis adaptasi dari Dr.Vera Zdravkovich. Pada penyusunan buku siswa, berpikir kritis ditekankan pada penyajian informasi dalam bentuk fitur dan contoh soal. Berpikir kritis pada kisikisi soal mengacu pada pendapat Ennis. Hasil pengembangan diperoleh seperangkat pembelajaran Silabus, RPP (tiga pertemuan), 3 LKS, Buku siswa, dan seperangkat Kisi-kisi soal berpikir kritis 10 soal esai. Hasil validasi perangkat mendapatkan skor rata-rata sebesar 86,5% dengan kategori sangat baik. Setelah uji coba terbatas, ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 75,0%. Hal ini menunjukkan tujuan penelitian tercapai. Respon siswa terhadap ketertarikan pada komponen materi pelajaran, buku siswa, LKS, suasana belajar, dan cara guru mengajar dengan kategori baik (63,3%). Sedangkan respon siswa terhadap kemudahan memahami bahasa, isi/materi, dan contoh-contoh soal pada buku, petunjuk LKS, dan cara guru dalam kategori baik (60,0%).
Downloads
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

