PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SCHOOLOGY MOBILE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR KELAS X TKJ DI SMK PAHLAWAN MOJOSARI

Main Article Content

PUNGKY ACHMAD SULAIMAN
SETYA CHENDRA WIBAWA

Abstract

Pembelajaran yang bersifat konvensional di SMK yang memliki fasilitas wifi sangat baik tapi disayangkan tidak di gunakan dengan baik , karena dengan sarana dan prasarana itu memungkinkan kesempatan untuk mengembangkan pembelajaran dengan bantuan IT dengan pemanfaatan LMS (Learning Management System). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan Schoology dan untuk mengetahui respon siswa setelah menggunakan aplikasi Schoology.Pada penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pemilihan metode ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation) digunakan untuk menguji keefektifan produk yang dihasilkan, yaitu Aplikasi Berbasis Schoology Mobile. Pembahasan Hasil belajar berdasarkan dari kriteria pengujian hipotesis yaitu probabilitas > 0,05.MakaH0 diterima dan H1 ditolakyang berarti Hasil belajar kelas eksperimen dengan hasil belajar kelas kontrol tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan, sehingga dapat disimpulkan bahwa: Tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara sebelum dan sesudah penggunaan media pembelajaran yang dikembangkan. Pembahasan Respon Hasil Respon Siswa terdiri dari 10 butir pernyataan dan diberikan pada siswa kelas X TKJ SMK Pahlawan Mojosari yang berjumlah 25 siswa.dapat diketahui bahwa hasil perhitungan Respon siswa adalah sebesar 83.36 % yang dapat disimpulkan bahwa Respon siswa penggunaan media sangat baik .

Article Details

How to Cite
ACHMAD SULAIMAN, P., & CHENDRA WIBAWA, S. (2018). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SCHOOLOGY MOBILE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN JARINGAN DASAR KELAS X TKJ DI SMK PAHLAWAN MOJOSARI. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 3(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/24753
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 > >>