PENERAPAN E-LEARNING BERBASIS DOKEOS PADA MATA PELAJARAN KOMPOSISI FOTO DIGITAL DI SMK NEGERI 1 PUNGGING

Main Article Content

HANIFA BAITY MASRURO
MEINI SONDANG SUMBAWATI

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan Dokeos sebagai media pembelajaran untuk kelas XI jurusan Multimedia. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menguji kelayakan media E-Learning berbasis Dokeos pada mata pelajaran komposisi foto digital. (2) Mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar menggunakan media pembelajaran E-Learning berbasis Dokeos dan PowerPoint. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Pungging. Responden penelitian adalah kelas X1 Multimedia 2 sebanyak 32 siswa dan kelas XI Multimedia 3 sebanyak 32 Siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah wawancara, validasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan, teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis hasil validasi dan hasil belajar dengan tahapan uji normalitas, uji homogenitas, dan Uji T sampel Independen. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah random (acak). Teknik analisis datanya menggunakan UJI-T Independen Dua Sampel. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu ADDIE. Pada sekolah SMK Negeri 1 Pungging E-Learning yang digunakan adalah Edmodo dan Ebook namun hanya sebatas pengumpulan tugas sedangkan di dalam media penelitian berbasis Dokeos ini menggunakan banyak fitur diantaranya quiz, pengumuman, modul, kalender dan mindmap. Sebelum dilakukan penelitian media akan divalidasi oleh valiator. Hasil validasi isi visual mencapai 84%, bahasa mencapai 80%, tampilan visual 75%, isi materi mencapai 80%, dan rata – rata mencapai 78,5%. Dapat disimpulkan media layak digunakan untuk pembelajaran siswa. Pada penelitian ini siswa diberikan pretest dan posttest untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan media Dokeos. Hasil Uji-T menunjukkan 0,035 dimana nilai tersebut dibawah nilai signifikansi yaitu 0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan media pembelajaran E-Learning berbasis Dokeos dan Power Point. Penggunaan media Dokeos dalam penelitian ini hanya pada mata pelajaran Komposisi Foto Digital saja, diharapkan kedepannya dapat diterapkan pada mata pelajaran lain dengan memanfaatkan fitur – fitur yang lain agar media Dokeos dapat digunakan lebih maksimal lagi.

Kata Kunci :ADDIE, Dokeos, Hasil Belajar.

Article Details

How to Cite
BAITY MASRURO, H., & SONDANG SUMBAWATI, M. (2018). PENERAPAN E-LEARNING BERBASIS DOKEOS PADA MATA PELAJARAN KOMPOSISI FOTO DIGITAL DI SMK NEGERI 1 PUNGGING. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 3(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/26338
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>