KORELASI ANTARA KEMANDIRIAN DAN KREATIVITAS DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN DASAR DESAIN GRAFIS DI SMKN 1 KEMLAGI, MOJOKERTO YANG MENGGUNAKAN BLENDED LEARNING
Main Article Content
Abstract
Perkembangan teknologi dan informasi dalam aspek pendidikan sangat cepat terlebih dalam penggunaan media dalam teknik pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk 1. mengetahui apakah ada korelasi antara kemandirian dengan hasil belajar. 2. Mengetahui apakah ada korelasi antara kreativitas dengan hasil belajar. Dalam bidang pendidikan era sekarang blended learning amatlah penting untuk meningkatkan karakter dunia pendidikan. Media pembelajaran Schoology merupakan aplikasi platform pembaruan yang dibangun atas dasar inspirasi dari facebook yang bertujuan untuk kepentingan pendidikan (Besana S.: 2012). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan Pre-Eksperimental Design. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest dan protest, serta analisis data yang digunakan adalah Uji Korelasi Product Moment. Hasil belajar siswa menunjukan bahwa Blended Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata posttest 83,4 lebih tinggi dibandingkan dengan nilai rata-rata pretest yaitu 39,3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji korelasi antara kemandirian dengan hasil belajar sebelum pembelajaran diperoleh r hitung 0,660 > r tabel 0,355 dan sesudah pembelajaran diperoleh r hitung 0,727 > r tabel 0,355. Hasil uji korelasi antara kreativitas dengan hasil belajar sebelum pembelajaran diperoleh r hitung 0,609 > r tabel 0,355 dan sesudah pembelajaran diperoleh r hitung 0,788 > r tabel 0,355. Dengan hasil uji korelasi antara kemandirian dan kreativitas dengan hasil belajar, disimpulkan terdapat korelasi antara kemandirian dan kreativitas dengan hasil belajar mata pelajaran dasar desain grafis menggunakan blended learning.