Pengembangan Evaluasi berbasis Website pada Mata Pelajaran Desain Multimedia di SMK Negeri 1 Pungging

Main Article Content

KURNIA USWATUN CHASANAH
MEINI SONDANG SUMBAWATI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui tingkat kelayakan evaluasi berbasis website pada mata pelajaran Desain Multimedia (2) Mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran desain multimedia dengan pembelajaran berbasis website. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian menggunakan ADDIE. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Pungging dengan sampel kelas XI dengan jumlah 32 siswa Jurusan Multimedia. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, yaitu teknik analisis kelayakan media pembelajaran, kelayakan materi, kelayakan soal, kelayakan RPP, kelayakan butir soal, dan reliabilitas butir soal. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi yang divalidator oleh ahli media sert ahli materi. Sedangkan untuk mengukur hasil belajar menggunakan posttest yang terdapat pada website. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi berbasis website dikembangkan dengan menggunakan bahasa PHP. Hasil validasi media dari dua validator menunjukkan nilai 94%. Soal yang diujikan ke siswa mencapai nilai 88%. Hasil validasi materi mempeoleh nilai 81%. Hasil validasi RPP mendapatkan nilai 92% sehingga dapat disimpulkan bahwa media, soal, materi, serta RPP layak untuk diterapkan kepada siswa. Hasil belajar siswa pada KD 3.4 Memahami gambar sketsa memperoleh rata-rata nilai 74, dan pada KD 3.5 Memahami gambar ilustrasi memperoleh rata-rata nilai 80. Sedangkan untuk hasil reliabilitas butir soal, pada KD 3.4 memperoleh nilai reliabiltas sebesar 0,32 dan untuk KD 3.5 memperoleh nilai reliabilitas sebesar 0,20.

Kata Kunci : ADDIE, Evaluasi, Hasil Belajar.


Article Details

How to Cite
USWATUN CHASANAH, K., & SONDANG SUMBAWATI, M. (2018). Pengembangan Evaluasi berbasis Website pada Mata Pelajaran Desain Multimedia di SMK Negeri 1 Pungging. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 3(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/26339
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>