PENGEMBANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PERGURUAN TINGGI BAGI SISWA SMA NEGERI 1 BANGSAL DENGAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP)

Main Article Content

RENGGA MAS JOLANG
MEINI SONDANG SUMBAWATI

Abstract

Sistem pendukung keputusan pemilihan perguruan tinggi diperlukan bagi siswa SMA yang akan membantu siswa dalam mencari progam studi (prodi) terbaik dari prodi yang dipilih siswa. Sistem pendukung keputusan ini merupakan sebuah sistem yang dikembangkan dalam bentuk web. Pada penelitian ini juga mengukur respon siswa terhadap sistem pendukung keputusan yang diberikan. Metode yang digunakan analisis data dalam sistem pendukung keputusan adalah Analytic Hierarchy Process (AHP). Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan instrument penelitian yang digunakan berupa angket. Berdasarkan validasi dari ahli media, sistem ini mendapatkan presentase sebesar 82,4% dan masuk dikategorikan sangat layak digunakan. Penelitian ini dilakukan di kelas 12 IIS 1 di SMA Negeri 1 Bangsa. Hasil dari penelitian terhadap siswa setelah menggunakan sistem yaitu respon siswa terhadap sistem ini. Hal ini, dapat dilihat pada analisis respon siswa dengan presentase sebesar 77,40%. Dapat disimpulkan bahwa, konsultasi dalam menentukan prodi dengan menggunakan sistem pendukung keputusan sangat cocok karena membantu siswa dalam mempertimbangkan pilihan dalam memilih prodi.

Article Details

How to Cite
MAS JOLANG, R., & SONDANG SUMBAWATI, M. (2019). PENGEMBANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PERGURUAN TINGGI BAGI SISWA SMA NEGERI 1 BANGSAL DENGAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP). IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 4(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/30466
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 > >>