PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SIMULASI PADA KETERAMPILAN MENGGOSOK GIGI ANAK TUNAGRAHITA DALAM MODEL PEMBELAJARAN JOYFULL LEARNING
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran simulasi pada ketrampilan menggosok gigi anak tunagrahita dalam model pembelajaran joyfull learning agar siswa mampu merawat diri secara mandiri dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu materi mengosok gigi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : (1) Bagaimanakah kelayakan media pembelajaran simulasi keterampilan menggosok gigi anak tunagrahita ? (2) Apakah ada perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan media. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development atau R&D. Target penelitian ini yaitu siswa SDLB kelas 2-6 di SLB Al falah Sembayat Gresik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu validasi, dan tes. Kemudian teknik analisis data yang digunakan adalah data hasil validasi, dan data hasil tes. Hasil penelitian: (1) Persentase dari perhitungan validasi media oleh validator ahli adalah 94,5%. sehingga dapat diartikan bahwa media pembelajaran simulasi ketrampilan menggosok gigi termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dan layak untuk digunakan. (2) Berdasarkan data dari hasil uji paired sample t test, dapat diketahui bahwa nilai signifikasi (sig 2-tailed) 0.00 < 0.05 yang berarti hasil belajar meningkat. Degan demikian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa setelah menggunakan media dan sebelum menggunakan media