PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN SMART APPS CREATOR (SAC) UNTUK MATA PELAJARAN ANIMASI 2D & 3D KELAS XI DI SMKN 1 DRIYOREJO GRESIK

Main Article Content

Fariz Krisna Syahputra
I Gusti Lanang Putra Eka Prismana

Abstract

Belajar merupakan sebuah kegiatan dari kehidupan sehari hari yang tak bisa dilupakan, termasuk pada saat era globalisasi perkembangan saat ini. di bidang teknologi informasi (TI) sangat meningkat maju, teknologi media belajar merupakan salah satunya. bersumber pada observasi disekolah di mana ada masalah mengenai kurang dari 30% siswa tidak memiliki laptop dan belum adanya fasilitas belajar yaitu media pembelajaran interaktif untuk mata pelajaran animasi 2D & 3D, maka dari itu peneliti memberikan sebuah solusi masalah yaitu berupa media belajar yang interaktif  berbasis android untuk mata pelajaran animasi 2D & 3D. sebuah produk ini diharapkan dapat membantu proses pembelajaran siswa dalam melaksanakan kegiatan belajar yang terjadi pada mata pelajaran animasi 2D & 3D. Penelitian juga mengambil riset permasalahan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Driyorejo Gresik dengan poin riset yang dicoba pada siswa kelas XI kejuruan Multimedia khususnya mata pelajaran Animasi 2D & 3D. tipe model pengembangan R&D yang dipakai pada riset ini serta model riset kuantitatif. Hasil riset memperoleh data kuesioner sebanyak 86% dari total 57 siswa yang mengukur sistem sangat baik. Sedangkan uji validitas media mendapat persentase 80% dengan kategori valid. uji validitas modul materi mendapat persentase 76% dengan kategori valid. Pada uji validitas RPP dan juga angket siswa masing-masing mendapat persentase 80% dan 75% dengan kategori valid. dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif animasi 2D & 3D yang berbasis android cocok dan layak diterapkan sebagai media belajar siswa. Serta membantu proses belajar agar lebih mudah,cepat dan juga efisien khususnya pada mata pelajaran animasi 2D & 3D.

Article Details

How to Cite
Syahputra, F., & Prismana, I. G. L. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN SMART APPS CREATOR (SAC) UNTUK MATA PELAJARAN ANIMASI 2D & 3D KELAS XI DI SMKN 1 DRIYOREJO GRESIK. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 6(1), 763-768. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/42870
Section
volume 05 Nomor 01