Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Pada Mata Pelajaran Fotografi Di SMK Negeri 1 Singgahan

Main Article Content

Muhammad Yanuar Abigail
I Gusti Lanang Putra Eka Prismana

Abstract

Perkembangan media pembelajaran berperan penting dalam meningkatkan kompetensi belajar siswa. Di era modern, pendidikan mengalami perkembangan pesat dengan teknologi yang meluas, termasuk dalam pendidikan. Namun, kompetensi belajar rendah menjadi tantangan yang menghambat penguasaan materi dan keterampilan siswa. Inovasi media pembelajaran diperlukan untuk meningkatkan kompetensi, seperti dalam pelajaran fotografi. Moodle, sebuah LMS, menyediakan lingkungan pembelajaran online yang fleksibel dan interaktif untuk meningkatkan kompetensi siswa.Peneliti mengembangkan media, materi, dan perangkat pembelajaran, yang kemudian dinilai oleh guru dan dosen. Hasil validasi menunjukkan media mendapatkan skor 74% kategori Baik, materi 76% kategori Baik, dan perangkat pembelajaran 78% kategori Baik. Uji normalitas menunjukkan data pretest berdistribusi normal (p-value = 0.209) dan data posttest tidak normal (p-value = 0.014). Uji non-parametrik Wilcoxon Signed-Rank menunjukkan 33 dari 35 sampel mengalami peningkatan nilai posttest, dengan nilai Z sebesar -5.023 dan signifikansi < 0.001, menunjukkan perbedaan signifikan antara pretest dan posttest. Uji paired t-test mendukung hasil ini dengan p-value < 0.001, perbedaan rata-rata -27.429, dan interval kepercayaan 95% antara -32.037 hingga -22.820.Hasil analisis menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis web efektif dalam meningkatkan kompetensi dan nilai siswa dalam pelajaran fotografi secara signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Abigail, M. Y., & Prismana, I. G. L. P. E. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Pada Mata Pelajaran Fotografi Di SMK Negeri 1 Singgahan. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 9(2), 139–146. https://doi.org/10.26740/it-edu.v9i2.62392
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)