PENGEMBANGAN RPG PADA KOMPOSISI FOTOGRAFI DENGAN METODE SAVI TERHADAP SISWA PSIKOMOTORIK

Authors

  • Mega Silvia Universitas Negeri Surabaya
  • Setya Chendra Wibawa Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/it-edu.v6i3.44864

Abstract

Media pembelajaran sering diterapkan oleh pendidik kepada peserta didik dengan mengunakan narasi secara lisan yang akan menyebabkan kejenuhan dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini dilakukan di kelas kontrol dan kelas eksperimental. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengontrol pengaruh hasil belajar  sebelum dan sesudah role-playing game (RPG) dalam mata pelajaran fotografi dengan metode SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual). Media pembelajaran akan disajikan kepada peserta didik dalam bentuk permainan yang merupakan jenis petualang. Media permainan juga akan berisi materi dan kuis untuk memudahkan siswa memahami materi pembelajaran dan menarik siswa, terutama dalam mata pelajaran fotografi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini diperoleh 88,87% di kelas yang menggunakan media role-play game, dan proses pembelajaran di kelas yang tidak menggunakan media role-play game sebanyak 79,80%. Berdasarkan penelitian ini, pendidik harus menerapkan media role play game mata pelajaran fotografi untuk meningkatkan minat belajar dan memudahkan peserta didik untuk memahami materi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

27-01-2022

How to Cite

Silvia, M., & Wibawa, S. C. (2022). PENGEMBANGAN RPG PADA KOMPOSISI FOTOGRAFI DENGAN METODE SAVI TERHADAP SISWA PSIKOMOTORIK. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 6(3), 103–108. https://doi.org/10.26740/it-edu.v6i3.44864
Abstract views: 92 , PDF Downloads: 62

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2