STUDI ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BERBASIS GAME CISCO ASPIRE DALAM PEMBELAJARAN SISWA TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini digunakan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan media game Cisco Aspire Network Academy dalam materi Instalasi jaringan komputer. Game Cisco Aspire merupakan aplikasi permainan simulasi jaringan komputer berbasis game Role-Playing Game (RPG) yang bertujuan membantu pemakai dalam mempelajari materi jaringan komputer. Rumusan masalah penelitian ini adalah: (1) bagaimana hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran berbasis Game Cisco Aspire dalam memahamami materi instalasi jaringan internet. (2) bagaimana minat siswa terhadap penerapan pembelajaran berbasis Game menggunakan aplikasi Game Cisco Aspire Network Academy. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian statistik deskriptif pre-experimental design dengan bentuk one-group pretest-posttest yang menggunakan 1 kelompok yang diberi pre-test terlebih dahulu kemudian setelah treatment atau penerapan model pembelajaran berbasis game dengan menggunakan aplikasi dilakukan post-test untuk mengetahui hasilnya. Hasil pengujian menunjukkan bahwa : (1) hasil belajar siswa 100% berada diatas KKM dengan hasil signifikansi perbedaan value pretest dan posttest menggunakan uji T dibawah 0,05. Atau sig (2-tailed) berjumlah 0,00 dan lebih kecil daripada a (0,05) sehingga pembelajaran menggunakan game Cisco Aspire Network Academy memberikan dampak pada hasil belajar siswa, (2) Presentase minat siswa rata-rata sebesar 74.1% dan menunjukan minat siswa yang baik.