SISTEM MONITORING SISWA DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH MENGGUNAKAN METODE SPY-AGENT DI SMKN 1 SURABAYA

Main Article Content

Alfarady Raja Ghanie Hamid Jauhar
Setya Chendra Wibawa

Abstract

Penerapan proses belajar secara jarak jauh memiliki hambatan yang dapat berpengaruh dalam proses belajar, salah satunya adalah terkendala tidak adanya monitoring terhadap siswa. Sistem Monitoring Dalam Jaringan atau disebut Simondaring merupakan media yang menerapkan metode spy-agent yang bertujuan mengontrol dan memonitoring siswa pada setiap aktifitas pembelajaran yang mana media ini telah terintegrasi dengan Google Classroom dan Zoom SDK. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa khususnya SMK kelas XI RPL setelah menggunakan media Simondaring. Peneliti menggunakan metode Plomp dengan model penelitian one group pretest postest design. Hasil kelayakan media Simondaring oleh para ahli adalah sebesar 93,89% dengan kategori sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil akhir yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest siswa sebesar 83,06% dan sesudah menggunakan Simondaring adalah sebesar 92,09% serta pola belajar siswa yang mendapat respon positif setelah menggunakan Simondaring.

Article Details

How to Cite
Jauhar, A., & Wibawa, S. (2021). SISTEM MONITORING SISWA DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH MENGGUNAKAN METODE SPY-AGENT DI SMKN 1 SURABAYA. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 5(2), 702-712. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/41617
Section
volume 05 Nomor 01

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>