STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN PLATFORM SOCRATIVE DAN CLASSDOJO DI KELAS GOOGLE CLASSROOM

Main Article Content

Andy Nuriyawan
Setya Chendra Wibawa

Abstract

Pada dasarnya penggunaan platform seperti socrative dan classdojo dapat membantu guru dalam proses pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Tetapi dibutuhkan informasi lebih lanjut mengenai penggunaan platform mana yang lebih baik dan lebih sesuai digunakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan penggunaan socrative dan classdojo di kelas google classroom serta mengetahui keunggulan masing-masing platform.Sehingga guru dan siswa diharapkan dapat memilih platform yang sesuai dalam pembelajaran dan juga bisa meningkatkan kemampuan yang inovatif.Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan studi pustaka (metode komparasi) yang kemudian dilakukan komparasi antara studi pustaka yang telah didapatkan. Metode komparasi     adalah suatu metode yang digunakan untuk membandingkan data-data yang berasal dari studi literatur kemudian ditarik  ke dalam  konklusi baru. Dari hasil literature review yang ada didapatkan hasil penelitian yaitu bahwa penggunaan platform classdojo lebih sesuai dengan google classroom, sebanyak 29% siswa lebih tertarik menggunakan platform classdojo, dan 12% memilih platform socrative. Novelty dari paper ini yaitu aplikasipclassdojo lebihpsesuai dibandingkan socrative. Classdojo lebih bisa mendorong dan memotivasipsiswa untukpmelakukan pekerjaan yang lebih baik serta dapat mengembangkan keterampilanpdan pengaturanpdiripsiswa.

Article Details

How to Cite
Nuriyawan, A., & Wibawa, S. (2021). STUDI KOMPARASI PENGGUNAAN PLATFORM SOCRATIVE DAN CLASSDOJO DI KELAS GOOGLE CLASSROOM. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 262-272. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/37484
Section
volume 05 Nomor 01

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>