POTENSI PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN RESPON SISWA

Main Article Content

Mochamad Zulfahmi
Setya Chendra Wibawa

Abstract

Pada dasarnya perkembangan teknolgi augmented reality semakin pesat dan semaik mudah untuk dipelajari memungkinkan untuk setiap individu dapat berpartisipasi dalam mengembangkan aplikasi augmented reality mereka sesuai dengan kebutuhan dalam bidang tertentu, salah satunya adalah bidang pendidikan dengan bermacam macam mata pelajaran, hal ini memungkinkan untuk tenaga pendidik mengembangkan aplikasi sesuai dengan materi yang mereka ingin ajarkan kepada para siswa dan saat ini potensi pemanfaatan augmented reality sebagai media pembelajaran dapat diguanakan sebagai pengganti metode pembelajaran konvensional agar siswa dapat meningkatkan cara berfikir secara kritis dan kreatif di berbagai materi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan bahwa augmented reality sebagai media pembelajaran dapat dinikmati oleh siswa  yang berupa motivasi belajar dan berbagai macam respon siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian pustaka yang digunakan untuk mengambil berbagai jurnal dan artikel yang mempunyai indikator motivasi belajar dan respon siswa yang menggunakan augmented reality sebagai media pembelajaran. Dari berbagai jurnal dan artikel yang digunakan hasil penilitan menunjukkan bahwa meningkatnya motivasi siswa dan respon positif siswa yang telah menggunakan aplikasi augmented reality dalam berbagai materi pembelajaran. Ini berarti potensi pemanfaatan yang dimiliki augmented reality sebagai media pembelajaran memperoleh respon positif dari siswa dan meningkatnya motivasi belajar siswa.

Article Details

How to Cite
Zulfahmi, M., & Wibawa, S. (2021). POTENSI PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN RESPON SISWA. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 334-343. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/37491
Section
volume 05 Nomor 01

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>