PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MASSIVE OPEN ONLINE COURSES TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Authors

  • Muhammad Bagus Pambudi Universitas Negeri Surabaya
  • Setya Chendra Wibawa Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/it-edu.v5i1.37487

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peran model pembelajaran MOOC (Massive Open Online  Courses) terhadap hasil belajar peserta didik. Pengembangan model MOOC ini bertujuan sebagai proses pembelajaran yang menggunakan daring atau internet dan media digital baik foto dan video dalam penyampaian materinya. Pengembangan model MOOC ini bertujuan sebagai pembelajaran dengan memanfaatkan adanya daring atau internet dan media digital berupa foto atau video dalam penyampaian materinya. Model pembelajaran daring atau online ini dianggap mampu lebih dekat dengan generasi peserta didik pada masa ini yang dikenal sangat bergantung dengan produk teknologi yang ada pada masa ini. Penelitian ini merupakan tinjauan literatur sistematis atau kajian literatur. Metode penelitian ini merupakan sebuah deskripsi tentang literatur yang sesuai atau relevan dengan apa yang dibahas atau yang telah ditulis dengan bidak dan topik tertentu. Hasil yang diperoleh dari kajian literatur atau tinjauan literatur sistematis ini menunjukkan 8 penelitian tentang model pembelajaran MOOC  dan menunjukkan hasil yang baik. Dengan demikian pengaruh dari model pembelajaran MOOC efektif dan layak untuk digunakan dalam proses belajar mengajar dalam hal peningkatan yang siginifikan pada hasil belajar peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

04-01-2021

How to Cite

Pambudi, M. B., & Wibawa, S. C. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MASSIVE OPEN ONLINE COURSES TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 5(1), 294–302. https://doi.org/10.26740/it-edu.v5i1.37487

Issue

Section

volume 05 Nomor 01
Abstract views: 954 , PDF Downloads: 2727

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>