STUDI LITERATUR EFEKTIVITAS METODE BLENDED LEARNING SEBAGAI METODE TRANSISI PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Main Article Content

Qathrunnada Lazuardhy Arsy
Dodik Arwin Dermawan

Abstract

Penyebaran virus Covid-19 tidak dapat diatasi oleh pemerintah menyebabkan dikeluarkannya Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 yang membuat pemerintah harus menutup sekolah dan menggantikannya dengan Pembelajaran Jarak Jauh. Diberlakukannya Pembelajaran Jarak Jauh menjadi tantangan bagi pemerintah Indonesia untuk tetap menyelenggarakan pendidikan yang efektif serta mengantarkannya pada tujuan pembelajaran. Namun akibat dari ketidaksiapan pemerintah dalam menghadapi perubahan lingkungan belajar, diterapkannya Pembelajaran Jarak Jauh menjadikan polemik penyelenggaran pendidikan di Indonesia memasuki babak baru. Masalah yang muncul pasca pandemi Covid-19 antara lain adalah turunnya sulitnya aksesibilitas, kualitas pembelajaran, kesenjangan sumber daya manusia dan teknologi serta adanya ancaman learning loss yang menunggu apabila tidak segera membuka kembali sekolah. Maka dari itu dibutuhkan metode transisi yang dapat menjembatani antara pembelajaran konvensional atau tatap muka dengan pembelajaran berbasis daring. Blended Learning dinilai dapat menjadi solusi karena metode ini dapat melengkapi kelemahan Pembelajaran Jarak Jauh. Berdasarkan beberapa studi terdahulu Blended learning dapat meningkatkan interaksi selama pembelajaran, motivasi dan capaian hasil belajar. Studi ini menguji efektivitas penggunaan metode Blended Learning  untuk digunakan selama pandemi Covid-19 dengan mengukur capaian hasil belajar siswa. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang dikumpulkan menggunakan Systematic Literature Review (SLR) yang memiliki tahapan Perencanaan (Planning), kemudian Pelaksanaan (Conducting) dan terakhir Pelaporan (Reporting). Studi ini mengukur nilai pretest dan posttest penerapan Blended Learning yang dikemudian hasilnya dikomparasikan. Hasil studi menunjukkan bahwa metode Blended Learning cukup efektif digunakan sebagai metode transisi karena secara signifikan dapat mendorong kemajuan hasil belajar, motivasi dan juga kemandirian siswa. Studi ini dapat dijadikan referensi ilmiah dalam menyikapi penyelenggaran pendidikan pada masa pandemi Covid-19.

Article Details

How to Cite
Arsy, Q., & Dermawan, D. (2022). STUDI LITERATUR EFEKTIVITAS METODE BLENDED LEARNING SEBAGAI METODE TRANSISI PEMBELAJARAN JARAK JAUH. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 7(1), 11-18. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/48747
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>