PENGARUH RAPOR ONLINE TERHADAP ANTUSIASME ORANG TUA DALAM MENGGAPAI PRESTASI SISWA DI SMKN 1 GEMPOL JAWA TIMUR

Main Article Content

Satria Dear Rizaldy A.C.
Dodik Arwin Dermawan

Abstract

Kemajuan teknologi dalam bidang pendidikan yaitu rapor online, dalam system rapor online yang telah diterapkan di SMKN 1 Gempol ini memiliki kelebihan maupun kekurangnnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dampak positif dari program rapor online yang dilakukan di SMKN 1 Gempol terhadap kenaikan nilai mata pelajaran. Penelitian ini menggunakan 104 sampel yang terdiri dari orang tua siswa atau siswa SMKN 1 Gempol Jawa Timur. Pelaksanaan ini dilaksanakan pada 22 – 27 Mei 2020 dengan menggunakan kuisioner yang disebar melalui online (google document). Analisis pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif dengan mencari kolerasi dari kedua variabeli motivasi orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan tentang fasilitas rapor online yang telah diterapkan di SMKN 1 Gempol sudah memiliki kualitas yang cukup baik dengan rata-ratai skor 40% terhadap proses pemasukan data nilai siswa, tingkat motivasi orang tua terhadap anaknya dalam meraih prestasi dalam belajar memiliki kategori sangat baik yaitui 55,77% ( 58 orang tua). Motivasi orang tua dalam kategori baik yaitu sebesar 44,23% (46 orang tua),  motivasi belajar siswa SMKN 1 Gempol berada pada kategori sangat baik yaitu sebesari 80,77% (84 siswa). Siswa dalam kategori memiliki motivasi yang baik yaitu sebesar 19,23% (20 siswa), dan memiliki  hubungani yang berarti antara motivasi orang tua dengan prestasi  belajar siswa dengan nilai p 0.05 > 0.352.

Article Details

How to Cite
Rizaldy A.C., S., & Dermawan, D. (2020). PENGARUH RAPOR ONLINE TERHADAP ANTUSIASME ORANG TUA DALAM MENGGAPAI PRESTASI SISWA DI SMKN 1 GEMPOL JAWA TIMUR. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 225-261. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/37414
Section
volume 05 Nomor 01

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>