STUDI LITERATUR PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR DI SMK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING

Main Article Content

Bobby Hartono
Dodik Arwin Dermawan

Abstract

Proses pembelajaran pada mata pelajaran pemrograman dasar mempunyai beberapa hambatan yang dapat berpengaruh dalam kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan hasil analisis dari beberapa literatur bahwa penerapan proses pembelajarannya masih menggunakan metode konvensional yang penjelasannya hanya berpusat pada guru. Metode tersebut kurang tepat dalam proses pembelajaran pemrograman dasar dikarenakan siswa sering mengalami kesulitan dalam memahami konsep pemrograman dan minat belajar siswa juga berkurang. Pembelajaran pada mata pelajaran pemrograman dasar ini mengajarkan siswa untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini diperlukannya model pembelajaran yang bisa meningkatkan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran salah satunya yaitu model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Pemanfaatan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) akan mengikutsertakan semua siswa dalam menangani suatu masalah sehingga dapat menumbuhkan kemampuan penalaran siswa, melatih kemampuan berpikir kritis dan lebih mengembangkan kewibawaan materi pembelajaran. Metode yang digunakan pada studi literatur ini yaitu metode SLR (Systematic Literature Review). Metode Systematic Literatur Review memiliki 3 tahapan antara lain Planning, Conducting, dan Reporting. Data yang digunakan pada studi lieratur ini adalah data sekunder maka dalam pengambilan datanya tidak terjun langsung ke lapangan melainkan diperoleh dari studi pustaka. Data yang diperoleh terdapat 10 literatur yang relevan dan kata kunci, penulis menemukan beberapa hipotesis dapat dibuktikan menggunakan data sekunder dengan melihat hasil dari penelitian yang sudah dilakukan oleh penelitian sebelumnya. Berdasarkan hasil analisis dari beberapa literatur bahwa adanya perbandingan sebelum dan setelah mengaplikasikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) serta terdapatnya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan belajar siswa pada mata pelajaran pemrograman dasar di SMK.

Article Details

How to Cite
Hartono, B., & Dermawan, D. (2021). STUDI LITERATUR PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR DI SMK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 6(2), 6-13. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/43426
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>