EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN BOT TELEGRAM PADA KELAS X MULTIMEDIA PADA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN
Main Article Content
Abstract
Pendidikan sebuah kegiatan yang dilakukan dengan bimbingan, pelatihan, dan pembelajaran demi menuju perubahan tingkah laku siswa. Kegiatan belajar sebuah proses yang dilakukan oleh siswa dan guru, kegiatan belajar berhasil jika tujuan dari pembelajaran tercapai. Pendidikan dalam sekolah dilakukan secara efektif agar pada waktu pembelajaran bisa dilakukan dengan baik. Sehingga membuat guru harus lebih kreatif dalam penyampaian materi dengan memakai media pembalajaran yang mendukung. Penelitian ini menggunakan metode jenis kuantitatif dengan menggunakan model quasi design untuk menganalisis efektivitas dari penggunaan media pembelajaran interaktif menggunakan bot telegram yang diambil dari nilai pretest dan posttest. Hasil validasi media pembelajaran atau aplikasi bot telegram memperoleh nilai presentase 73,33% yang dikategorikan valid untuk diimplementasikan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian kepada siswa yang diberikan soal pretest dan posttest menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dari rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan bot telegram dengan yang tidak.