PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI BIMBINGAN DAN KONSELING MENGGUNAKAN METODE SIMPLE MULTI ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE UNTUK MENENTUKAN PENANGANAN PELANGGARAN SISWA

Main Article Content

Fitrotin Dwiyanti
Dodik Arwin Dermawan

Abstract

Sistem Informasi Bimbingan dan Konseling menggunakan metode Simple Multi Attribute Rating Technique adalah sistem informasi monitoring pelanggaran yang dapat menentukan penanganan pelanggaran siswa sesuai total poin pelanggaran yang dilakukan. Tujuan penelitian ini  adalah dapat menghasilkan Sistem Informasi untuk memonitoring pelanggaran serta mengetahui kelayakan sistem informasi dalam menentukan penanganan pelanggaran siswa sesuai jumlah poin pelanggaran.  Penelitian.ini menggunakan rancangan  model pengembangan ADDIE. Penelitian ini menggunakan sampel berjumlah 15 guru yang berasal dari   SMK Negeri 1 Surabaya. Sumber data penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara, hasil validasi aplikasi oleh 3 pakar ahli dan kuesioner respon pengguna. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa sistem informasi bimbingan dan konseling mendapatkan penilaian sebesar 87,8% dengan kategori sangat valid untuk digunakan sebagai sistem informasi dalam memonitoring pelanggaran. Sedangkan pada hasil penilaian kuisioner respon pengguna pada aplikasi yang dikembangkan menunjukan persentase sebesar 84,5% dengan kategori sangat valid yang mendapat tanggapan positif untuk dijadikan sebagai aplikasi pencatatan, pengelolaan data dan penentu penanganan pelanggaran siswa.

Article Details

How to Cite
Dwiyanti, F., & Dermawan, D. (2020). PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI BIMBINGAN DAN KONSELING MENGGUNAKAN METODE SIMPLE MULTI ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE UNTUK MENENTUKAN PENANGANAN PELANGGARAN SISWA. IT-Edu : Jurnal Information Technology and Education, 5(01), 67-76. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/36410
Section
volume 05 Nomor 01

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>