PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BLOG KIMIA BERBASIS MOBILE EDUCATION (THE DEVELOPMENT OF CHEMISTRY BLOG LEARNING MEDIA - MOBILE EDUCATION BASED)

  • TEGUH Santoso SANTOSO Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Penggunaan internet sebagai sumber belajar terus meningkat akhir-akhir ini. Situs pembelajaran kimia seperti chem-is-try.org adalah salah satu situs populer di kalangan pelajar. Situs tersebut sebenarnya merupakan sebuah blog. Meskipun situs tersebut cukup populer namun masih memiliki kekurangan antara lain masih belum mendukung akses secara mobile yang ditandai dengan masih besarnya ukuran laman. Pendidikan mobile atau yang lazim disebut mobile education memiliki prospek untuk dikembangkan, karena 70% internet di Indonesia diakses menggunakan perangkat mobile. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran blog kimia berbasis mobile education. Metode penelitian yang digunakan adalah desain pengembangan Research and Development (R&D) yang terdiri dari penelitian pedahuluan dan pengembangan. Penelitian ini melibatkan dua orang dosen kimia dan dua orang guru kimia sebagai validator. Selain itu juga melibatkan tiga belas orang siswa sebagai subyek penelitian. Instrumen penelitian dalam bentuk lembar validasi dan respon siswa yang berisi aspek-aspek penilaian. Dari instrumen tersebut kemudian dikonversi menjadi persentase kelayakan rata-rata. Dari hasil penelitian diperoleh persentase kelayakan rata-rata 71% sehingga dapat disimpulkan bahwa media tersebut telah layak digunakan.

Kata Kunci: media, kimia, blog, mobile education

The usage of internet as a learning resources has been increased early year. Chemistry learning resources like chem-is-try.org website is one of popular website by students. This website is really as a blog. Although it’s very popular, but it’s haves weakness. One of it’s weakness is not support mobile access. Mobile education have a good prospect to develop it because 70% of internet access in Indonesia is accessed by the mobile devices. This research have purpose to know the feasibility of chemistry blog learning resources based on the mobile education. The research desaign is used Research and Development (R&D) consist of two step namely pre-research and development. This research involved two lecturers and two chemistry teachers. This research also involve thirteen students as responden. Research instrument that used are validation sheet and student response sheet. Both of instrument contain assessment aspect. Then it converse to rate feasibility percentage. From the result of this research show that rate feasibility percentage 71%, that can concluded it feasible to use.

Keywords: media, chemistry, blog, mobile education

 

Published
2013-01-31
Section
Articles
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 36