POLA PERGESERAN KONSEPSI SISWA PADA STRUKTUR ATOM SETELAH PEMBELAJARAN DENGAN STRATEGI POGIL (TYPE OF STUDENT’S SHIFTING CONCEPTION ON ATOMIC STRUCTURE AFTER IMPLEMENTATION POGIL STRATEGY)

  • SEPTI Wahyuningrum WAHYUNINGRUM Jurusan Kimia FMIPA Unesa

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui pola pergeseran konsepsi siswa. Penelitian ini menggunakan strategi POGIL yang diterapkan dalam pembelajaran pada materi  pokok struktur atom. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 1 Nganjuk sebanyak 33 siswa. Penelitian menggunakan metode CRI untuk melihat capaian pemahaman konsep siswa sebelum dan setelah pembelajaran menggunakan strategi POGIL. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa konsepsi siswa bergeser ke arah positif menuju pemahaman tahu konsep (persentase terbesar 90,91%). Pergeseran ini masih menyisakan sejumlah kecil siswa mengalami pergeseran menuju ke arah miskonsepsi. Sebanyak 24,24% siswa masih memahami konsep materi penyusun atom dan sifat-sifat sistem periodik secara miskonsepsi.

Kata Kunci: Strategi POGIL, Struktur Atom, Metode CRI, Pergeseran Konsepsi, Miskonsepsi

The purpose of this research is to know student’s shifting conceptions. This research use POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning) strategy in learning atomic structure. The subject is student in grade 10th SMA Negeri 1 Nganjuk amount 33 students. This research use CRI method for knowing student’s reach of concept understanding before and after using POGIL strategy. Research has shown that student’s conception changes to positive understanding that’s mean students have correct concept (the highest percentage 90,91%). This shifting leave small amount students which are have concept changing in to misconception. Amount 24,24% students still misconception to understand the material of atom and characteristic of periodic elements.

Key words: POGIL strategy, Atomic Structure, CRI Method, Shifting Conceptions, Misconception.


Published
2013-01-31
Section
Articles
Abstract Views: 204
PDF Downloads: 554