PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERORIENTASI PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK LAJU REAKSI SISWA KELAS XI SMAN 15 SURABAYA (DEVELOPMENT OF STUDENT WORKSHEET WITH PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) ORIENTATION FOR PRACTICE CRITICAL THINKING SKILLS ON REACTION RATE MAIN SUBJECT IN XI CLASS SMAN 15 SURABAYA)

  • DWI WIGATI NOFIYANTI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKS yang dikembangkan ditinjau dari kriteria materi, bahasa, penyajian, kesesuaian dengan PBI, dan kesesuaian dengan komponen keterampilan berpikir kritis, serta mengetahui keterampilan berpikir kritis siswa dan respon siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah 4D namun dibatasi pada tahap develop. Instrumen yang digunakan adalah lembar telaah, lembar validasi, soal pretest dan postest, rubrik penilaian keterampilan berpikir kritis, serta lembar angket respon siswa. Uji coba terbatas dilakukan terhadap 16 orang siswa kelas XI MIA SMAN 15 Surabaya. Hasil validasi dan respon siswa menyatakan bahwa LKS yang dikembangkan mendapatkan kategori sangat layak berdasarkan kriteria materi, bahasa, penyajian, kesesuaian dengan PBI, dan kesesuaian dengan komponen berpikir kritis dengan persentase sebesar 100%; 100%; 98,88%; 100% dan 100% untuk hasil validasi,  100%; 100%; 84,38%; 91,67%; 79,17% untuk hasil respon siswa. LKS yang dikembangkan dapat melatihkan komponen berpikir kritis siswa yaitu merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, menganalisis, dan menyimpulkan dengan nilai rata-rata klasikal sebesar 70, 74, 83, 68 dengan kategori terlatih.

Kata Kunci: LKS, PBI, keterampilan berpikir kritis, kelayakan,  respon siswa.     

This aims of this research to know the feasibility of student worksheet developed consderation from criteria content, language, presentation, suitability with PBI, suitability with critical thinking skills, and to know  critical thinking skills, and student response. Research method uses 4-D model, but only uses until develop phase. Research instruments are review sheet, validation sheet, , pretest and postest question, assessment rubric of critical thinking skills and questionnaire of student response sheet. The limited trial is conducted by 16 students of XI MIA SMAN 15 Surabaya.. Validation resultand student response explain that the developed worksheet found out very suitable building on criteria content, language, presentation, and suitability with PBI, suitability with critical thinking skills with percentage 100%; 100%; 98,88%; 100% and 100%. 100%; 100%; 84,38%; 91,67%; and 79,17%. LKS also practice critical thinking skills component example problem formulate, hypothesis, analizye, and conclude with average each component as big as 70, 74, 83, 68 with practice category.

 Keywords: worksheet, PBI, critical thinking skills, feasibility, student response

Published
2015-06-05
Abstract Views: 53
PDF Downloads: 36