KELAYAKAN PERMAINAN UNO CARD SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI POKOK STRUKTUR ATOM (ELIGIBILITY OF “UNO CARD” GAMES AS LEARNING MEDIA IN STRUCTUR ATOM)

  • RENI RATNA SARI BM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengujikelayakan permainan UNO Cardyang dikembangkan sebagai media pembelajaran pada materi pokok Struktur Atom. Kelayakan terdiri dari3 aspek yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D)dengan tahapan (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Evaluasi.Pada tahap evaluasi hanya dibatasi sampai pada kegiatanuji coba produk. Instrumen penelitian berupalembar telaah, lembarvalidasi,lembar kepraktisan berupa respon siswa, dan lembar keefektifan yang terdiri dariteshasil belajar dan observasi aktivitas siswa.Permainan ini telah ditelaah dan divalidasi serta di ujicobakan pada 22 siswa kelas X MA Yasmu Manyar Gresik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kevalidan memperoleh kriteria sangat valid dengan persentase sebesar94,3%baik dari segi validitas isi maupun validitas konstruk.Penilaian kepraktisan ditunjukkan dari persentase sebesar 75,0% dengan kriteria praktis,yang menunjukkan bahwa siswa sangat memberikan respon positif. Penilaian keefektifan, ditunjukkan dari peningkatan hasil belajar siswa yang menunjukkan pada kategori sedang dengan melalui perhitungan skor gain sebesar 0,6 serta persentase observasi aktivitas siswasebesar 90,1%,yang menunjukkan bahwa siswa sangat aktif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa permainan UNO Cardlayak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi pokok Struktur Atom.

Kata Kunci:Permainan UNO Card,Media Pembelajaran, Struktur Atom

The aim of this research is to examine the eligibility of UNO Card games as learning media in Structur Atom. The eligibility consists of three aspects: validity, practicality and effectiveness. The method used were Research and Development (R&D) which used step (1) Analysis, (2) Design, (3) Development, (4) Evaluation. The evaluation step limited to the product testing. Instrument of this research is analyzed sheet, validation sheet, practicality form of student response sheet and effectiveness sheet consists of learning outcomes test and student activities sheet. The game have been reviewed, validated and tested on 22 student of class X MA Yasmu Manyar Gresik. The results showed that validittion assessment criteria gets very valid with a percentage of 94,3% in terms of the validity contents and validity construct. The practicality assessment shown from percentage 75,0% with a criteria practice, indicating that the students are very gave a positive response. The effectiveness assessment shown from improvement student learning outcomes showed in the category indicated by the calculation of the gain score of 0,640 and percentage of observation students activities 90,1%, indicating that the students are very active. It could be concluded that the UNO Card gamesworthy to use as learning media of Structur Atoms.

Keywords: UNO Card Game, Learning Media,Structur Atoms

 
Published
2015-06-05
Abstract Views: 57
PDF Downloads: 262