KETERAMPILAN METAKOGNITIF SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 SUMENEP (STUDENT METACOGNITIVE SKILLS THROUGH COOPERATIVE LEARNING MODELS NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TYPES IN CHEMICAL EQUILIBRIUM MATTER IN SMAN 1 SUMENEP XI GRADE)

  • ERVIN NAFILAH

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melatihkan keterampilan metakognitif siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan strategi metakognitif. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 7 SMA Negeri 1 Sumenep. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2014-2015. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Shot Case Study. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes berupa soal dengan keterampilan metakognitif dan metode angket berupa angket inventori metakognitif. Hasil penelitian menunjukkan bahwaketerampilan metakognitif siswa secara keseluruhan dapat terlatih dengan sangat baik. Hal ini terlihat pada nilai rata-rata keterampilan metakognitif siswa pada planning skillspada tiga kali pertemuan berturut-turut adalah 75,36; 86,07; 88,57 dan nilai rata-rata pada inventori metakognitif adalah 80,40; 82,51; 84,16 sedangkan nilai rata-rata pada monitoring skills adalah 85,71; 90,36; 91,43 dan nilai rata-rata pada inventori metakognitif adalah  81,21; 82,86; 84,15 serta untuk nilai rata-rata pada evaluating skills adalah 75,00; 81,07; 87,14 dan nilai rata-rata pada inventori metakognitif adalah 79,25; 80,27; 82,16.

Kata Kunci: Keterampilan Metakognitif, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT, Kesetimbangan Kimia

The aims of this study is to train the student’s metacognitive skills through cooperative learning models NHT types with metacognitive strategies. The subjects of this research were students in XI Science-7 grade SMAN 1 Sumenep. This research was conducted in the first semester of the school year 2014-2015. The research design is use One-Shot Case Study. Methods of data collection in this study is metacognitive skills test and metacognitive awareness inventory questionnaire. The results of this research showed that overall, student’s metacognitive skills can be trained very good.This can be seen in the average value of metacognitive skills in three meetings at planning skills is 75.36; 86.07; 88.57 and the average value of metacognitive awareness inventory is 80.40; 82.51; 84.16 while the average value at monitoring skills is 85.71; 90.36; 91.43 and the average value of metacognitive awareness inventory is 81.21; 82.86; 84.15 and for the average value at evaluating skills is 75.00; 81.07; 87.14 and the average value of metacognitive awareness inventory is 79.25; 80.27; 82.16.

Keywords: Metacognitive Skills, Cooperative Learning Model NHT Types, Chemical Equilibrium.

Published
2015-06-05
Abstract Views: 49
PDF Downloads: 279