IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SISWA PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI IPA MAN SUMENEP (IMPLEMENTATION INQUIRY LEARNING MODEL TO TRAIN STUDENT PROCESS SKILLS IN THE SUBJECT MATTER OF REACTION RATE IN CLASS XI-IPA MAN SUMENEP)

  • AFIFATUL ALAWIYAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses siswa pada saat diterapkan model pembelajaran inkuiri pada materi laju reaksi. Jenis penelitian ini adalah pre eksperimental dan desain penelitian yang digunakan adalahOne Shot Case Study. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 4 MAN Sumenep. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan keterampilan proses siswa dan lembar soal tes keterampilan proses siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persentase ketuntasan klasikal hasil posttes pada pertemuan I adalah sebesar 25,64%, pertemuan II sebesar 64,1%, dan pertemuan III sebesar 92,3%; (2) persentase klasikal keterampilan proses siswa tiap komponen mengalami peningkatan setiap pertemuannya. Sehingga hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dapat melatihkan keterampilan proses siswa.

Kata-Kata Kunci : Inkuiri,Keterampilan Proses Siswa, Laju Reaksi.

This study aims to determine the skills of the students during the process of inquiry learning model is applied to the material reaction rate. This research is pre-experimental and research design used is One Shot Case Study. The target of this research is class XI IPA 4 MAN Sumenep. The instrument used is the observation sheetprocess skills of students and process skills test booklet. The results showed that (1) the percentage of classical completeness posttes results at a meeting I was at 25.64%, the second meeting of 64.1%, and 92.3% for the third meeting; (2) the percentage of students the skills classical each component has increased every meeting. So this shows that the implementation of inquiry learning model can melatihkan process skills of students.

Keywords : Inquiry, Science Process Skill, Reaction Rate.

Published
2015-06-05
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 22