PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT KELAS X SMA NEGERI 1 PASURUAN (IMPLEMENTATION OF PROBLEM BASED LEARNING FOR CRITICAL THINKING SKILL IN THE ELECTROLYTE AND NONELECTROLYTE SOLUTION MATTER CLASS X IN SMA NEGERI 1 PASURUAN)

  • RINA ISTIANI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dan keterampilan berpikir kritis siswa setelah penerapan model pembelajaran berdasarkan masalah pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit. Jenis penelitian ini adalah Pra Eksperimen (pre experimental design) dan desain penelitian yang digunakan  adalah One-Group Pretest-Postest Design. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 4 SMA Negeri 1 Pasuruan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksaan model pembelajaran berdasarkan masalah dan lembar soal tes keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persentase rata-rata keterlaksanaan model pembelajaran berdasarkan masalah pada pertemuan I sebesar 84,72% (sangat baik) dan pertemuan II sebesar 93,05% (sangat baik); (2) Keterampilan berpikir kritis siswa berhasil dilatihkan dengan adanya peningkatan nilai tes yang dilihat melalui rata-rata nilai N-gain sebesar 0,62 dengan kriteria sedang.

Kata Kunci:   Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah, Keterampilan Berpikir Kritis, Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit.

The aim of this study to determine the feasibility of learning and critical thinking skills after the implementation of problem based learning model in electrolyte and nonelectrolyte solution matter. The type of this research is pre experimental design and design of this research was One-Group Pretest-Postest Design. The subject of this research was X student of Mathematics 4 in SMA Negeri 1 Pasuruan. The instruments that used in this study  were observation sheet of problem based learning model feasibility and sheet of critical thinking skilltest. The result of this research showed that (1) The average percentage of problem based learning model feasibility at meeting I was 84,72% (excellent) and at meeting II was 93,05% (excellent); (2) The student critical thinking skill can be trained by improvement of critical thinking test is seen by N-gain score was 0,62 in medium category.

Keywords: Problem Based Learning Model, Critical Thinking Skill, Electrolyte and nonelectrolyte solution

Published
2015-06-05
Abstract Views: 61
PDF Downloads: 76