PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK ASAM BASA KELAS XI MIA SMAN 2 MAGETAN (IMPLEMENTATION OF COOPERATIVE LEARNING MODELWITH GROUP INVESTIGATION TYPE FOR CRITICAL THINKING SKILL IN THE ACID BASE MATTERCLASS XIMIA SMAN2 MAGETAN)

  • WINDA MIRANINGSIH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran, dan keterampilan berpikir kritis siswa setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada materi asam basa. Jenis penelitian ini adalah Pra Eksperimen (pre experimental design)dan rancangan penelitian yang digunakan  adalah One-Group Pretest-Postest Design. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 6 SMA Negeri 2 Magetan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi keterlaksaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dan lembar soal tes keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persentase rata-rata keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada fase 1 sebesar 85,42% (sangat baik),fase 2 sebesar 87,50% (sangat baik), fase 3, 4 dan 5 sebesar 79,17% (baik) dan fase penutup sebesar 91,70% (sangat baik); (2) Keterampilan berpikir kritis siswa berhasil dilatihkan dengan adanya peningkatan nilai tes yang dilihat melalui nilai N-gain yang diperoleh setiap siswa dengan peningkatan sebesar 60% dengan kriteria tinggi, sebesar 33% dengan kriteria sedang, dan sebesar 7% dengan kriteria rendah.

Kata Kunci:model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation, keterampilan berpikir kritis, asam basa.

The aim of this study is determine the feasibility of learning and critical thinking skillsafter the application of cooperative learning model group investigation type in acid base matter. The type of this research was pre experimental design and the design of this research was One-Group Pretest-Postest Design. The subject of this research wasXI MIA 6 SMA Negeri 2 Magetan. The instruments that used were observation sheet of problem based learning model feasibility and sheet test of critical thinking skill. The result of this research showed that (1) The average feasibility  percentage of cooperative model with Group Investigation type at phase I was 85,42% (excellent), at phase2 was 87,50% (excellent), at phase 3, 4 and 5 was 79,17% (good), at finish phase was 91,7% (excellent); (2) The student critical thinking skillwas succes to be trained with the improvement of critical thinking N-gain score was (60% high category), (33% medium category), and 7%(low category).

Keywords: cooperative learning model with group investigation type, critical thinking skill, acid and base.

Published
2015-06-05
Abstract Views: 65
PDF Downloads: 70