IDENTIFIKASI AKTIVITAS KARAKTERISTIK METAKOGNITIF SISWADALAMMEMECAHKAN MASALAH PADA MATERI KESETIMBANGAAN KIMIA (IDENTIFICATION OF THE STUDENT’S METACOGNITIVE CHARACTERISTIC TO SOLVE THE PROBLEM IN CHEMICAL EQUILIBRIUM)

  • LILIS ZUNIATI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik metakognitif siswa dalam memecahkan masalah pada materi kesetimbangan kimia di kelas XI SMAN 1 Menganti. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan data hasil ulangan harian dan hasil wawancara. Dari kedua data tersebut kemudian dianalisis dan diuji keabsahannya dengan menggunakan triangulasi metode. Subjek pada penelitian ini adalah 3 siswa pada kelompok tinggi (A1, A2, dan A3), 3 siswa pada kelompok sedang (B1, B2, dan B3), dan 3 siswa pada kelompok rendah (C1, C2, dan C3) dari kelas XI MIA 4. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini: 1) aktivitas karakteristik metakognitif pada kelompok tinggi yang meliputi berpikir/membaca/menulis apa yang diketahui dan tidak diketahui (P-1), menetapkan tujuan (P-2), menetapkan strategi penyelesaian masalah (P-3), merencanakan representasi rumus (P-5), menggunaka aturan rumus dan persamaan reaksi (M-2), memantau sesuatu yang yang dianggap kesalahan (M-3), memantau dengan berargumentasi (M-5), dan mengevaluasi konsep/tujuan apakah telah tercapai (E-1). 2) aktivitas karakteristik metakognitif pada kelompok sedang meliputi (P-1), (P-2), (P-3), (M-2), (M-3), (M-5), memantau kekurangan perencanaan (M-7), dan (E-1), dan 3) aktivitas metakognitif pada kelompok rendah meliputi (P-2), (P-3), (M-2), (M-3), dan (M-5).

Kata Kunci: Karakteristik metakognitif, Perencanaan, Pemantauan,Evaluasi, Kesetimbangan Kimia

The aim of this research is to identify the students’s metacognitive characteristic to solve the problem  in chemical equilibrium problem at class XI SMAN 1 Menganti. This research is qualitative study that using data from the daily tests and interviews. These data were analyzed and tested its validity using the triangulation method. The subject of this research are 3 students in high groups (A1, A2, and A3), 3 students in the middle group (B1, B2, and B3), and 3 students in the low group (C1, C2, and C3) in class XI MIA 4. The results of this study: 1)  The metacognitive characteristics activity at high group, that include think/read/write, what the student known and unknown (P-1), set a goal (P-2), define problem-solving strategies (P 3), planning a formula representation to support understanding (P-5), using the rule formula and equation (M-2), monitoring something that is considered an error (M-3), monitoring by arguing (M-5), and evaluation of the concept/purpose whether has been reached (E-1). 2) The metacognitive characteristics activity at middle group,include (P-1), (P-2), (P-3), (M-2), (M-3), (M-5), monitoring the shortcomings of planning (M-7), and (E-1). 3) The metacognitive characteristics activity at low group,include (P-1), (P-2), (P-3), (M-2), and (M-3).

Keywords:The characteristic metacognitive, Planning, Monitoring,Evaluation, Chemical Equilibrium

Published
2015-06-05
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 180