DEVELOPMENT OF MOBILE GAME CHEM MAZE AS MEDIA IN CHEMISTRY LEARNING AT MAIN TOPIC PERIODIC SYSTEM OF ELEMENT IN CLASS X

  • IMROATUZ ZAKIYAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan mobile game Chem Maze yang dikembangkan sebagai media pembelajaran kimia pada materi pokok sistem periodik unsur. Metode penelitian yang digunakan adalah Reasearh and Development (R&D) yang meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain dan uji coba produk. Uji coba dilakukan pada 10 orang siswa kelas X IPA di SMA 1 Sooko. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mobile game Chem Maze pada meteri pokok sistem periodik unsur yang dikembangkan layak secara teoritis dan empiris digunakan sebagai media pembelajaran. Mobile game Chem Maze dinyatakan layak secara teoritis didasarkan pada aspek kualitas isi dan tujuan, kualitas instruksional dan kualitas teknik yang memperoleh persentase sebesar ≥ 61%.  Mobile game Chem Maze dinyatakan layak secara empiris didasarkan karena mendapatkan respon positif dari siswa dengan memperoleh persentase sebesar ≥ 61% pada setiap komponen  untuk masing-masing tujuan. Selain itu diperkuat dengan observasi aktivitas siswa yang mendapatkan persentase ≥ 61% pada setiap komponen  untuk masing-masing tujuan. Serta didukung dengan hasil tes belajar yang dilihat berdasarkan hasil pretest dan posttest yang mengalami peningkatan ketuntasan klasikal dari 30% (pretest) menjadi 100% (posttest).

Kata Kunci: Mobile game Chem Maze, sistem periodik unsur, kelayakan media

The aims of this research is to know the feasibility of mobile game Chem Maze that had been developed as learning media at main topic periodic system of elements.The method that used was research and development (R&D) includes potential and probem, collecting data, product design, validation and test of product. Limited test do to 10 students class X IPA in SMA 1 Sooko. The result of these research show that mobile game Chem Maze at main topic periodic system of elements which develop is feasible theoretically and empirically used to be learning media. Mobile game Chem Maze declared feasible theoritically based on aspects of content and objectives quality, instructional quality and techniques quality which obtain  percentage ≥ 61% in all of component in every aspect. Mobile games Chem Maze declared feasible empirically based on positive response from student and get percentage ≥ 61% in each component for each objective. Beside that reinforce with observational student activity which get percentage ≥ 61% in each component for each objective. And supported by learning outcomes which seen by the results of pretest and posttest which showed an increase of classical completeness from 30% (pretest) to 100% (posttest).

Keywords: Mobile game Chem Maze, periodic system of elements, feasible of media  


Published
2015-06-05
Abstract Views: 25
PDF Downloads: 29