IMPLEMENTATION HANDS-ON AND MINDS-ON ACTIVITY APPROACH THROUGH GUIDED INQUIRY ON THE SUBJECT MATTERS OF THE FACTORS THAT AFFECT THE REACTION RATE IN THE CLASS OF XI IPA SMAN 1 SOOKO MOJOKERTO

  • YANTI PUTRI DINIARTI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuiketerlaksanaan, aktivitas siswa dan ketuntasan hasil belajarsiswa dengan pendekatan hands on minds on  activity melalui guided inquiry pada materi pokok faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi dikelas XI IPA SMAN 1 Sooko Mojokerto. Penelitian ini merupakan penelitian pre-eksperimen dengan metode “One shot case study” dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa dan tes ketuntasan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian,nilai keterlaksanaan pembelajaran hands on minds on activity melalui model pembelajaran  inkuiri pada pertemuan pertama sebesar 72,21% (kriteia baik), pertemuan kedua sebesar 81,45% (kriteria sangat baik), pertemuan ketiga sebesar 90,41%(kriteria sangat baik) dengan kriteria rata-rata adalah sangat baik.Aktivitas siswa pada pembelajaran inkuiri yang paling dominan yaitu mendengarkan dengan perolehan persentase pada pertemuan pertama, kedua dan ketiga berturut-turut sebesar 31, 67%, 30 %, dan 28,89%. Hands on activity siswa ditunjukkan melalui kegiatan melakukan percobaan pada pertemuan pertama sebesar 11,11%, pada pertemuan kedua sebesar 12,78% serta 11,66 % pada pertemuan terakhir.Dari tes ketuntasan hasil belajar siswa, ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal dari 32 siswa sebesar 90,62%.

Kata kunci: hands on and minds on activity, guided inquiry, laju reaksi.

The aims of this research are to know the enforceability, the student activity, and student learning mastery by implementing hands-on minds-on activity approach through guided inquiry in factors that affect the reaction rate in class XI IPA SMAN 1 Sooko Mojokerto. This research is pre-experiment research by using the One shot case study’s method and analyzed by descriptive qualitative and quantitative. The instrument that used is the learning enforceability’s observation sheet, the student activity observation sheet and student learning mastery’s test. According to the result of this research, the average score of learning enforceability for the first meeting is 72,21%% (good criteria), the second meeting is 81,45% (very good criteria), and the third meeting is 90.41% (very good criteria). The most dominant student activity is listening, the average of the three meeting are 31, 67%, 30%, and 28.89%. Hands on activity of students through experiment at the first meeting is 11.11%, the second meeting is 12.78% and 11.66% at the last meeting. From the student learning mastery’s test, the student learning mastery is good with the percentage of the learning mastery is 90,62%.

Keywords: hands-on and minds-on activity, guided inquiry, the rate of reaction.

Published
2015-06-05
Abstract Views: 37
PDF Downloads: 50