PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 7-E UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMA PADA MATERI LAJU REAKSI (APPLICATIONLEARNINGCYCLE7-E MODEL TO IMPROVE LEARNINGMOTIVATIONCLASSXISTUDENTS ONMATERIALOF REACTION RATE )

  • BARIROH ZAYYANNA NIZMA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif.Instrumen yang digunakan untuk melihat motivasi siswa digunakan lembar angket motivasi ARCS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa selama pembelajaran pada aspek Attention sebesar 78,61% dengan kategori baik; pada aspek Relevance sebesar 82,08% dengan kategori sangat baik; pada aspek Confidence sebesar 78,61% dengan kategori baik; dan pada aspek Satisfaction sebesar 82,5% dengan kategori sangat baik.

Kata Kunci: Learning Cycle 7-E, motivasi ARCS, laju reaksi

This study aims to determine students' motivation. This type of research is descriptive quantitative research. The instrument used to look at the motivation of the students used ARCS motivation questionnaire sheet. The results showed that student motivation for learning on aspects of Attention of 78.61% with a good category; on aspects of the Relevance of 82.08% with a very good category; Confidence  aspectis 78.61% with  good category; and on Satisfactionaspects is 82.5% with very good category.

Keywords:Learning Cycle 7-E, ARCSmotivation, Reaction rate


Published
2015-06-05
Abstract Views: 26
PDF Downloads: 65