PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7-E UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK LARUTAN PENYANGGA KELAS XI MIA SMA NEGERI 1 PURI MOJOKERTO (IMPLEMENTATION LEARNING CYCLE 7-E MODEL FOR INCREASING CRITICAL THINKING SKILLS OF STUDENT ON BUFFER SOLUTION XI GRADE OF SMA NEGERI 1 PURI MOJOKERTO)

  • EWING HARDINITA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas keterlaksanaan  pembelajaran, aktivitas siswa, dan keterampilan berpikir kritis siswa setelah penerapan model pembelajaran learning cycle 7-E pada materi larutan penyangga. Penelitian ini adalah penelitian One-Group Pretest-Postest Design.Sasaran pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 3 SMA Negeri 1 Puri Mojokerto. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar kualitas keterlaksanaan pembelajaran, lembar aktivitas siswa, dan lembar tes keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kualitas keterlaksanaan pembelajaran dengan model learning cycle 7-E untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada pertemuan I sebesar 3,54 (sangat baik) dan pertemuan II sebesar 3,81 (sangat baik); (2) Aktivitas siswa selama pertemuan I dan II mendukung terlaksananya proses pembelajaran learning cycle 7-E untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa; (3) Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa  pada pertemuan I dengan kategori tinggi sebesar 53,8% dan dengan kategori rendah sebesar 7,7%. Peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada pertemuan II dengan kategori tinggi sebesar 51,8% dan dengan kategori rendah sebesar 12,8%. 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Learning Cycle 7-E, Aktivitas Siswa, Keterampilan Berpikir Kritis, Larutan Penyangga

This research aims to describe quality feasibility of learning, student activity, and student’s critical thinking skill after implementation of learning cycle 7-E model on subject matter of buffer solution. Type of this research was descriptive quantitative and design of this research was One-Group Pretest-Postest Design. The subject of this research was XI grade MIA 3 student’s of SMA Negeri 1 Puri Mojokerto. The instruments used in this research were observation sheet of learning cycle 7-E learning model quality of feasibility, observation sheet of student activity, and sheet test for student’s critical thinking skill. The result of this research showed that (1) The quality feasibility of learning cycle 7-E model at meeting I and II were 3,54 (excellent) and 3,81 (excellent) (2) The activity of students at  meeting I and II can support procces learning cycle 7-E model for increasing student’s critical thinking skills; (3) The increase in students thinking skills at meeting I with category high was 53,8% and with category low was 7,7%. The increase in students thinking skills at meeting II with category high was 51,3% and with category low was 12,8%.

Keywords: Learning Cycle 7-E Model, Student’s Activity, Critical Thinking Skill, Buffer Solution.

Published
2015-09-30
Abstract Views: 85
PDF Downloads: 143