PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN CONCEPTUAL CHANGE UNTUK MEREMEDIASI MISKONSEPSI PADA KONSEP ASAM-BASA SISWA KELAS XII IPA SMAN 1 WARU SIDOARJO (IMPLEMENTATION OF CONCEPTUAL CHANGE STRATEGY TO REMEDIATE STUDENTS’ MISCONCEPTION ON ACID AND BASE CONCEPT AT SCIENCE XII SMAN 1 SIDOARJO)

  • KHOIRUL NIKMAH

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mereduksi miskonsepsi siswa pada konsep asam dan basa menggunakan pembelajaran remediasi strategi pembelajaran conceptual change. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII IPA 1 dan XII IPA 2 SMAN 1 Waru Sidoarjo. Rancangan penelitian one group pretest-posttest design. Penentuan status miskonsepsi menggunakan three-tier diagnstic test. Hasil penelitian menunjukkan sebelum pembelajaran adanya sisa siswa dengan persentase status MK 2 sebesar 58 dan siswa MK 3 sebesar 42 dari total 13 siswa. Sementara siswa di kelas XII IPA 2, persentase MK 2 sebesar 72 dan MK 3 sebesar 28 dari total siswa yang mengalami status miskonsepsi 14 siswa. Remediasi dengan strategi pembelajaran conceptual change telah berhasil mereduksi miskonsepsi siswa secara signifikan menggeser persentase keadaan MK 2 menjadi TK sebanyak 55 dan MK 3 menjadi TK sebanyak 60 untuk kelas XII IPA 1. Sementara untuk IPA 2 persentase pergeseran MK 2 menjadi TK sebanyak 62, dan MK 3 menjadi TK sebanyak 70. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran conceptual change efektif dalam mereduksi miskonsepsi siswa.

 

Kata Kunci: remediasi, miskonsepsi, konsep asam dan basa, strategi pembelajaran conceptual change

 

This research aimed to reduce student’s misconception on acid and base concept using conceptual change strategy. Research participants were students of Science Class at grade XIIth at SMAN 1 Waru Sidoarjo. This study was conducted using one group pretest and posttest design. Determination of students’ misconceptions used three-tier diagnostic test. Findings of this study show that learning process before using remediation learning could eliminates misconcepcetion 2 (MK 2) and misconception 3(MK3) amount of 58%, and  42% (XII IPA 1),and  72% and 28% (XII IPA 2). Remediation using conceptual change that was conducted has significantly and successfully shifted student’s misconceptions, from MK 2 to TK (know concept) toward 55 and MK 3 to TK toward 60 (XII IPA 1). So did at XII IPA 2 that shifted of MK 2 to TK toward 65 and MK 3 to TK toward 70. Based on the research findings that conceptual change strategy has successfully remediated student’s misconceptions on acid and base concept.

Keywords: remediation, misconception, acid-base concept, conceptual change strategy.

Published
2015-09-30
Abstract Views: 68
PDF Downloads: 320