PENGEMBANGAN PERMAINAN CHEM QUARTET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI SISTEM PERIODIK UNSUR KELAS X SMA (DEVELOPMENT OF CHEM QUARTET AS LEARNING MEDIA ON PERIODIC SYSTEM OF ELEMENT CLASS X SENIOR HIGH SCHOOL)

  • ELLY SRI WAHYUNI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kelayakan permainan Chem Quartet sebagai media pembelajaran pada materi Sistem Periodik Unsur. Kelayakan tersebut ditinjau dari tiga kriteria yaitu kevalidan berdasar prosedur pengembangan media yang telah melalui tahap validasi oleh para validator, kepraktisan berdasar hasil lembar respon siswa yang ditunjang dengan observasi aktivitas siswa, dan keefektifan berdasar ketuntasan hasil belajar. Jenis penelitian merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan yang diadaptasi dari Plomp yang terdiri dari tiga fase yaitu preliminer, prototipe, dan asesmen. Uji coba dilakukan secara terbatas yaitu pada 12 siswa kelas X MIA-1 SMAN 1 Taman Sidoarjo dengan metode eksperimen one group pretest-posttest design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan Chem Quartet sangat layak sebagai media pembelajaran pada materi Sistem Periodik Unsur. Hal tersebut ditunjukkan dengan penilaian validasi isi dengan persentase 88,89% dan penilaian validasi konstruk dengan persentase 88,00%. Kepraktisan permainan Chem Quartet sebagai media pembelajaran memperoleh persentase rata-rata respon “Ya” sebesar 98,15% yang ditunjang dengan aktivitas siswa. Keefektifan permainan Chem Quartet sebagai media pembelajaran ditinjau dari ketuntasan belajar siswa diperoleh persentase pretest sebesar 16,67% dan persentase posttest sebesar 91,67%.

Kata Kunci: Permainan Chem Quartet, pengembangan media pembelajaran, Sistem Periodik Unsur

The purpose of this research is analize the eligibility of Chem Quartet as learning media on Periodic System of Element. The eligibility evaluated from three criteria are the validity based on development media procedure which validated by validator, the practicality based on student questionnaire responses supported by the student activities, and the effectiveness based on the mastery learning outcome. Type of this research is development with development model which adapted from Plomp in term three phases are preliminary, prototyping, and assessment. The testing is limited to 12 students of class X MIA-1 SMAN 1 Taman Sidoarjo with experiment metode one group pretest-posttest design. The results showed that Chem Quartet very proper as learning media on Periodic System of Element. Its showed from content validation assessment with a percentage of 88.89% and construct validation assessment with a percentage of 88.00%. The practicality Chem Quartet as learning media get percentage average response of “Yes” answer of 98.15% with supported by the student activities. The effectiveness Chem Quartet as learning media was evaluated from the mastery learning outcome get percentage pretest of 16.67% and percentage posttest of 91,67%.

Keywords: The Chem Quartet game, development of learning media, Periodic System of Element

Published
2016-02-11
Abstract Views: 269
PDF Downloads: 339