MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATERI LAJU REAKSI KELAS XI SMA NEGERI 1 GRESIK (EXERCISING SCIENCE PROCESS SKILLS THROUGH IMPLEMENTATION INQUIRY LEARNING MODEL ON REACTION RATES MATERIAL IN CLASS OF XI SMA NEGERI 1 GRESIK)

  • ALFANAHDIA HANUM

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa kelas XI SMA Negeri 1 Gresik melalui penerapan model pembelajaran inkuiri. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design  dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan di kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Gresik. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes keterampilan proses sains dan lembar tes hasil belajar ranah pengetahuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar ranah keterampilan proses sains siswa setelah penerapan model pembelajaran inkuiri pada materi laju reaksi telah mencapai skor ≥2,67 dan telah dilatihkan dengan baik yang dibuktikan dengan skor rata-rata siswa pada pertemuan pertama hingga ketiga berturut-turut sebesar 3,31; 3,52; dan 3;67 dan sebanyak 76% siswa dikatakan tuntas pada pertemuan pertama dan 97% siswa dikatakan tuntas pada pertemuan kedua dan ketiga. 2)  Hasil belajar ranah pengetahuan siswa setelah penerapan model pembelajaran inkuiri pada materi laju reaksi telah mencapai skor ketuntasan yang diharapkan, yaitu ≥2,67 yang ditunjukkan dengan skor rata-rata pada tiap indikator adalah 3,22;  3,66; 3,32; dan 3,44. Sedangkan ketuntasan klasikal siswa pada tiap indikator tersebut berturut-turut adalah 85%, 94%, 85%, dan 85%.

Kata Kunci: inkuiri, keterampilan proses sains, laju reaksi.         

The aim of this research is to know student’s science process skills in class of XI SMA Negeri 1 Gresik through the implementation of inquiry learning model. This research used one- group pretest - posttest design with descriptive quantitative type. Implementation of research carried out in class XI MIPA 5 SMAN 1 Gresik. The instruments that used was test sheets of the science process skills and test sheets of cognitive product. The results showed that : 1 ) Student's science process skills after implementation inquiry learning model on reaction rates material has reached ≥2,67 and has exercised well that proved by the average score of students at the first to the third meeting respectively 3.31 ; 3.52 ; and 3 ; 67 and 76% of students thoroughly studied in the first meeting and 97 % of students thoroughly studied in the second and third meetings. 2 ) Cognitive product after implementation inquiry learning model on reaction rates material has reached ≥2,67 that proved  by the average score of  each indicator was 3.22; 3.66; 3.32; and 3.44. While the classical of cognitive product in each of these indicators are respectively 85 % , 94 % , 85 % and 85 %.

Keywords: inquiry, science process skills, reaction rates.

  
Published
2016-02-11
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 50