PENGEMBANGAN PERMAINAN KARTU DOMINO KIMIA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI UNSUR BAGI SISWA SMALB TUNARUNGU (DEVELOPMENT OF DOMINO CHEMISTRY CARD GAMES ON THE SUBJECT MATTER OF UNSURE FOR LEARNING MEDIA FOR SMALB  DEAF STUDENTS)

  • LUCKY DWI LARASATI

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui kelayakan permainan Kartu Domino Kimia yang dikembangkan pada materi Unsur. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D yang terdiri dari tahap studi pendahuluan, pengembangan dan pengujian produk. Penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap studi pengembangan yaitu uji coba terbatas. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar telaah, validasi, pretest dan postest, observasi aktivitas siswa, dan angket respon siswa. Media permainan Kartu Domino Kimia  ini divalidasi oleh satu Dosen Kimia, satu Dosen PLB, dan satu Guru IPA SMALB serta diujicobakan pada 10 siswa kelas XI SMALB Karya Mulya Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan  Kartu Domino Kimia layak digunakan sebagai media pembelajaran kimia pada materi Unsur bagi siswa SMALB Tunarungu. Hal tersebut ditunjukkan dari penilaian validasi yang mendapat kriteria sangat layak dengan rentang persentase sebesar 73,33% -  93,33% ditinjau dari kualitas penyajian, tampilan, bahasa dan persyaratan sebagai permainan pendidikan. Respon siswa Siswa memberikan respon positif terhadap media permainan dan permaianan dengan rentang nilai  sebesar 70% - 100%. Hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan pada kategori sedang yang ditunjukkan melalui perhitungan skor gain dengan rentang 0,2 – 0,5

Kata Kunci: Kartu Domino Kimia,  SMALB Tunarungu, Materi Unsur.

The aim of this research is to determine the eligibility of Domino Chemistry Card games that developed on the subject matter of unsure. This type of research including research and development (R&D)  consisting of the preliminary study stage, the development of studies and product testing. This research limited to the development of studies on limited testing. Instrument of this research is analyzed sheet, validation sheet, pretest and postest sheet, student activities sheet, and student questionaire response. Media was validated by lecturer chemistry, lecturer PLB and Sains teacher of SMALB as well tasted for ten students XI SMALB Karya Mulya Surabaya. The results showed that Domino Chemistry Card games worthy to use as learning media of chemistry at unsure materials. This is shown from the validation assessment criteria gets very decent with the range a percentage of 73,33% - 93,33% in terms of the quality of appearance, presentation, language, and requirements as educational games. The results of students' responses showed a positive response with the range a percentage of 70% - 100%. Student learning outcomes showed improvement in the category indicated by the calculation with the range a  gain score of 0,2 – 0,5. 

Key words: Domino Chemistry Card games, Deaf Senior High School, Matter  of Unsure.

Published
2016-02-11
Abstract Views: 398
PDF Downloads: 717